B Focus Pesisir

Gandeng Pihak Ketiga, Pemkab Tanahlaut Bangung Dua Unit Instalasi Air Bersih di Dua Desa

Untuk mengatasi persoalan air bersih, Pemkab Kabupaten Tanahlaut mulai menggandeng pihak ketiga.

Gandeng Pihak Ketiga, Pemkab Tanahlaut Bangung Dua Unit Instalasi Air Bersih di Dua Desa
BPost Cetak
bfocus 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Untuk mengatasi persoalan air bersih, Pemkab Kabupaten Tanahlaut mulai menggandeng pihak ketiga.

Itu terbukti dengan bantuan perusahaan yang bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Tanahlaut membangunkan instalasi air bersih.

Terkini, instalasi air bersih bantuan perusahaan listrik negara di Kalselteng yang dibangun dua unit di Desa Simpangempat Sungaibaru Kecamatan Jorong dan satu unit di Desa Pandansari Kecamatan Kintap.

Baca: Kasus Penganiayaan Fiqih Alamsyah oleh Dimas Anggara Disebut Settingan, Ini Kenyataannya

Kepala Desa Pandansari, Syahmani mengaku senang karena warganya tidak perlu lagi membeli air jika kemarau melanda di Dusun Cekdam.
Sebelumnya warga jika kemarau melanda membeli air.

Humas PDAM Tanahlaut, Amar Makrufi mengatakan, sekitar 60 persen warga belum terlayani sambungan pipa PDAM Tanahlaut karena masih mengandalkan air sumur gali dan air sumur bor.

Baca: Begini Fakta-faktanya Oknum Kapolsek Digerebek Saat Berduan dengan Istri Anak Buahnya

Saat ini, lanjut Amar , instalasi kota kecamatan PDAM Tanahlaut yang sudah terbangun, adalah instalasi kota kecamatan (IKK) Kintap, IKK Pelaihari dan IKK Kurau.

Menurutnya tidak ada permasalahan dalam mesin pompa dan pipanisasi untuk instalasi ibu kota kecamatan yang saat ini beroperasi.

"IKK yang sudah lebih dahulu beroperasi di Kecamatan Panyipatan, Takisung, Jorong dan Bajuin serta Batibati. Kendalanya masyarakat masih mengandalkan sumur gali dan bor," katanya.

Baca: Mimpi Kali Ye! Ridho Rhoma Ingin Main Film Bareng Lara Croft Tomb Raider

Upaya PDAM Tanahlaut, jelas Amar Makruf, sudah memberikan diskon pemasangan sambungan pipa air PDAM hingga Maret ini, sebesar Rp 500 ribu.

"Biaya pemasangan sambungan baru dengan panjang pipa sekitar enam meter sebesar Rp 1.600.000. Dapat diskon kami sebesar Rp 500 ribu sehingga hanya Rp 1.100.000," katanya.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved