Breaking News:

Berita Jakarta

YLKI Minta Polisi Tilang Pengemudi yang Merokok, Ini Fakta-fakta Pendukungnya

YLKI berkaca dari banyaknya kecelakaan lalu lintas (laka lantas) yang terjadi akibat faktor manusia

Editor: Didik Triomarsidi
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia ( YLKI) menuntut pihak kepolisian untuk tegas memberikan sanksi tilang bagi pengendara motor yang merokok saat mengemudi.

YLKI berkaca dari banyaknya kecelakaan lalu lintas (laka lantas) yang terjadi akibat faktor manusia dan menimpa mayoritas pengendara roda dua.

"Per tahun tidak kurang dari 30 ribu orang di Indonesia mati sia-sia karena kecelakaan lalu lintas (laka lantas). Jika dilihat penyebab pemicu lakalantas paling dominan adalah human factor (faktor manusia)," kata Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi dalam keterangan tertulisnya, Rabu (7/3/2018).

Baca: Hasil Juventus Vs Tottenham Hotspur - Dua Gol Itu Bawa Juve ke Delapan Besar Liga Champions

Menurut Tulus, merokok ketika berkendara dapat mengurangi konsentrasi seseorang yang bisa berujung pada terjadinya laka lantas.

Oleh karenanya, menurut dia, wacana pemberian hukuman bagi seseorang yang merokok ketika mengendarai motornya oleh polisi patut diapresiasi.

Baca: Khianati Cinta Suami, Wanita Ini Meregang Nyawa Saat Selingkuh dengan Pria Lain di Hotel

"Itu jelas mengganggu konsentrasi dan akibatnya menimbulkan laka lantas yang bukan saja mengancam keselamatan dirinya, tapi juga keselamatan orang lain. Bahkan terbukti beberapa kasus puntung rokok yang dibuang sembarangan mengakibatkan kebakaran," ujar Tulus.

Baca: Hai Anak Zaman Now, Perkenalkan Arul Power Metal, Tetap Setia Musik Rock Hingga Akhir

Ia kemudian memaparkan hasil penelitian Institute of Advance Motorist (IAM) yang berbasis di London, Inggris terkait dampak merokok ketika berkendara.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved