Berita Hulu Sungai Tengah

Anggota Polisi Ini Datangi Warga Ilung HST Bicarakan Soal Pungli

Tidak hanya dalam hal pelayanan kepolisian, tapi semua pelayanan masyarakat dilarang melakukan pungutan di luar pungutan resmi

Anggota Polisi Ini Datangi Warga Ilung HST Bicarakan Soal Pungli
Istimewa
Bhabinkamtibmas Polsek BaTangalai Utara saat Sosialisasi Saber Pungli di Desa Ilung.

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Mendukung program pemerintah yaitu Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli), jajaran Polsek Batang Alai Utara melaksanakan sosialisasi dan pembagian brosur tentang Pemberantasa Pungutan Liar di Desa Ilung, Kecamatan Batang Alai Utara.

Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo, melalui Humas Polres HST, Bripka M Husaini menjelaskan sosialissi dilakukan oleh dua Bhabinkamtibmas di POlsek tersebut, yaitu Aipda Tomi Priadi dan Bripka Chandra.

“Sasaran sosialisasinya, warga Desa Ilung dan staf pegawai kantor pemerintahan desa dengan materi hal apa saja yang bisa dijerat sebagai tindak pidana pungli, bagaimana modusnya, hingga hukuman yang diancamkan pada pelakunya,”jelas Husaini, melalui press rilis tertulis, Kamis (15/3/2018).

Baca: Situs Ini Ternyata Sudah Ramalkan Stephen Hawking Meninggal Tahun Ini, Ada 50 Pesohor Masuk Daftar

Bhabinkamtibmas kata HUsaini menyampaikan, bahwa pemberi dan penerima pungli sama-sama melakukan tindak pidana.

“Tidak hanya dalam hal pelayanan kepolisian, tapi semua pelayanan masyarakat dilarang melakukan pungutan di luar pungutan resmi,” katanya.

Disebutkan, tindak pidana pungutan liar tidak terdapat secara pasti dalam KUHP. Namun, dapat disamakan dengan perbuatan pidana penipuan, pemerasan dan korupsi yang diatur dalam KUHP.

Baca: Pengacara Ini Sebut Ganti Rugi Lahan Bandara Syamsuddin Noor Salah Sasaran

Selain sosialisasi tentang pemberantasan pungutan liar, Bhabinkamtibmas juga mengenalkan aplikasi sasirangan, yaitu Selalu Aktif dan Siaga, Rakyat Senang dan Nyaman.

“Di dalam aplikasi Sasirangan terdapat informasi seperti pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), laporan Kepolisian hingga pengaduan masyarakat dan yang lainnya. Hal ini tentu dapat memudahkan dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” kata Husaini. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved