BUMI MURAKATA

Hadiri Panen Raya di Desa Panggung, Plt Bupai HST Serahkan Alsintan

Plt Bupati Hulu Sungai Tengah, HA Chairansyah kembali diajak petani di Gapoktan Bina Bersama, untuk melakukan panen raya

Hadiri Panen Raya di Desa Panggung, Plt Bupai HST Serahkan Alsintan
Humas Pemkab HST
Plt Bupati HST, HA Chairansyah (kedua dari kanan) bersama Ketua TP PKK HST, jajaran Dinas Peranian dan TNI dari Kodim 1002 Barabai saat melakukan panen raya padi di Desa Panggung Kecamatan Haruyan, HST. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Plt Bupati Hulu Sungai Tengah, HA Chairansyah kembali diajak petani  yang tergabung di Gapoktan Bina Bersama, untuk melakukan panen raya . Panen  atas keberhasilan bercocok tanam padi tersebut dilaksanakan di Desa Panggung Kecamatan Haruyan. Pada kegiatan tersebut, Chairansyah didampingi Ketua TP PKK Hj Ernawati.

 Hadir pula  Kepala dinas pertanian Zainuddin , Kadis ketahànan pangan dan perikanan Sunar Wiwarni,  Balai proteksi TPH Faried F,para Camat seķabupaten HST,  kepala SKPD lainnya, Pasi Territorial Kodim 1002 Barabai, Kapten Nurali,  tokoh masyarakat serta undangan lainnya.

PLt Bupati HST, saat memberikan sambutan pada panen raya padi di Desa Panggung Kecamatan Haruyan.
PLt Bupati HST, saat memberikan sambutan pada panen raya padi di Desa Panggung Kecamatan Haruyan. (Humas Pemkab HST)

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pertanian,  Zainudin menjelaskan, padi yang dipanen adalah varietas Mikonggo dan Invari 33. Luas area tanam, 95 hektare , tersebar pada kelompok Cempaga 37 hektar,  kelompok Tunas mekar 29 hektar dan kelompok kemuning 29 hektare. Selain panen, dilakukan demonstrasi penggunaan  alat pengolahan tanah dan mesin panen (Combine Harvester serta penyerahan alat mesin pertanian.

Juga dilakukan penyerahan sertifikat hasil program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) tahun 2017 secara simbolis kepada masing-masing perwakilan kecamatan se-HST.  Chairansyah pada kesempatan itu menyatakan bangga atas keberhasilan petani yang berhasil mengolah sawah dan ladang tahun ini, dengan hasil produksi 8,3 ton per hektare.

Dia pun menyebut, TNI melalui program pendampingan petani dan pengawasan pupuk bersubsidi yang merupakan program pemerintah pusat member andil cukup besar atas kesuksesan panen raya padi tersebut. “Keberhasilan HST di bidang pertanahan yang dilaksnakan BPN dalam mendata dan program sertifikat tanah saat ini mencapai 8.000 per sil. Kami sampaikan apresiasi atas pencapaian tersebut. Pencapaian itu luar biasa dibanding daerah lain,”katanya.

HA Chairansyah mencoba alat mesin panen
HA Chairansyah mencoba alat mesin panen (Humas Pemkab HST)

Chairansyah juga berharap, produksi hasil pertanian di HST terus meningkat agar pada 2025 indonesia bakal menjadi lumbung padi internasional. “Keberhasilan panen raya padi merupakan kerja keras petani, yang didukung pemerintah dan TNI dalam pendampingan, serta semua kompenen yang mendukung program swasembada pangan,”katanya.

Plt Bupati pun menekankan kepada SOPD  khususnya di jajaran Dinas Pertanian serta pihak terkait agar terus  membina dan memfasilitasi para petani , agar upaya peningkatan produktivitas pertanian di Kabupaten Hulu Sungai Tengah terus meningkat. (*/AOL)

Penulis: Hanani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved