Haul ke 13 Guru Sekumpul

NEWSVIDEO - Gema Zikir Jemaah Haul Guru Sekumpul Membahana Di Kawasan Sekumpul

Gema zikir membahana di seluruh Sekumpul membuat setiap jemaah yang hadir larut dalam suasana khusyuk.

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Gema zikir membahana di seluruh Sekumpul membuat setiap jemaah yang hadir larut dalam suasana khusyuk.

Haul Akbar Guru Sekumpul pada Minggu(25/3/2018) benar-benar membuat Sekumpul berubah menjadi lautan manusia.

Seperti yang diperkirakan, lebih dari dari satu juta jamaah, tua muda, pria wanita, orang biasa dan pejabat, alim ulama dan para habaib membaur dalam acara haulan Guru Sekumpul.

Baca: Ikuti Haul Guru Sekumpul di Kubah Musalla Ar Raudah, Presiden Jokowi Banyak Menunduk

Mereka memenuhi Mushola Ar Raudah dan seluruh gang-gang di sekeliling Mushola Ar Raudhah tempat dilangsungkannya haul ke 13 Abah Guru Sekumpul.

Nyaris, tak ada gang yang kosong semuanya terisi oleh hamparan saf-saf para jemaah. Alimul `allamah Al `Arif Billah Asy-Syekh H. Muhammad Zaini Abdul Ghani boleh jadi telah "pergi" sejak tiga belas tahun silam tetapi Abah Guru Sekumpul (demikian umat muslim menyebut) tetap hadir di hati umat muslim.

Sejak pagi suasana di Sekumpul sudah ramai dengan para jemaah yang berdatangan dari Kalsel bahkan, Kalteng maupun Kaltim termasuk dari Jawa, Sumatera bahkan luar negeri pun hadir. Para Habaib pun terlihat hadir mengisi saf terdepan di Mushola Ar Raudah.

Baca: Datang dengan Pesawat Terpisah, Kapolri Ikut Dalam Kunjungan Presiden Jokowi ke Kalsel

Mereka seolah tidak ingin kehilangan momen untuk bisa menyaksikan dari dekat jalannya Haul Ulama Kharismatik tersebut. Jemaah pun, semakin membeludak ketika memasuki waktu Zuhur dan terus semakin padat selepas salat Ashar.

Kedatangan lebih satu juta jemaah ini, cukup membuat panitia haul di posko-posko, dibantu ratusan aparat Polres Banjar, Kodim 1006 Martapura, Pol PP Banjar, dan lain-lain harus ekstra keras mengatur ketertiban dan kelancaran lalu lintas di Sekumpul. (Banjarmasinpost.co.id/Hari Widodo)

Penulis: Hari Widodo
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved