Berita Kalteng

Dewan Sesalkan Batalnya Pembahasan Soal Pengalihan Kewenangan Pengelolaan 12 Mil Pantai

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Tengah, mempertanyakan, kewenangan pengelolaan pantai hingga 12 mil ke arah

Dewan Sesalkan Batalnya Pembahasan Soal Pengalihan Kewenangan Pengelolaan 12 Mil Pantai
tribunkalteng.co/fathurahman
Ketua Komisi D DPRD Kalteng, Artaban. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Tengah, mempertanyakan, kewenangan pengelolaan pantai hingga 12 mil ke arah laut lepas yang telah diberikan kepada Provinsi Kalteng.

Pembahasan tentang pelaksanaan Undang-undang No 23/2014 pasal 27 tentang, kewenangan daerah provinsi untuk mengelola sumber daya alam di laut yakni ekplorasi, eksploitasi, pengelolaan kekayaan alam di laut diluar minyak dan gas serta ikut serta dalam pengamanan di laut dan kedaulatan negara.

Baca: Hadir di Acara Haul, Presiden Jokowi Duduk Berdampingan dengan Kedua Putra Guru Sekumpul

Baca: Probosutedjo, Adik Mantan Presiden RI Soeharto yang Awal Karirnya Guru, Akhirnya Jadi Konglomerat

Baca: Unggah Berita Hoax, Marissa Haque Dibalas dengan Berita Aslinya oleh Warganet

Ketua Komisi D DPRD Kalteng, Artaban, Senin (26/3/2018) menyayangkan hingga saat ini pihak Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Pemprov Kalteng belum bisa diajak bicara saat diundang soal pengalihan kewenangan tersebut.

Padahal, pihaknya sudah mengundang secara resmi kepada Pemprov Kalteng untuk membicarakan soal tersebut, setelah keluarnya ketentuan tersebut, tapi pejabatnya tidak ada yang hadir, karena alasan ada pelantikan prjabat.

Pengelolaan soal garis pantai hingga ,12 mil ke laut lepas pantai sesuai ketentuan tersebut tidak lagi jadi kewenangan kabupaten tetapi jadi kewenangan provinsi, padahal sangat perlu dibahas kembali secara bersama.

"Kami hanya ingin mempertanyakan, sejauh mana penerapan ketentuan tersebut selama ini, karena jika aturan tersebut dijalankan maka akan semakin banyak pendapatan atau retribusi yang bisa didapatkan, sesuai dengan semangat menggali pendapatan yang diinginkan gubernur," ujarnya.

www.banjarmasinpost.co.id /faturahman

Penulis: Fathurahman
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved