Berita Tanahlaut

Pemerintah Kabupaten Tak Punya Pengawas Tenaga Kerja

Menurut M Farhaniansyah menjelaskan kasus para pekerja di industri air minum dalam kemasan di Desa Pulausar

Pemerintah Kabupaten Tak Punya Pengawas Tenaga Kerja
Istimewa
Konsentrasi massa dari keluarga pekerja yang diputus kontrak memenuhi pintu masuk pergudangan industri air minum dalam kemasan PT Sariguna Primatirta Plan Banjarmasin di Jalan Nasional Desa Pulausari, Kecamatan Tambangulang, Kabupaten Tanahlaut, Rabu (4/4/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI- Pemerintah Kabupaten Tanahlaut tak punya pengawas tenaga kerja yang mengawasi perusahaan di wilayah Bumi Tuntungpandang.

Itu dikatakan Kepala Seksi Hubungan Industrial pada Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Tanahlaut, M Farhaniansyah, Rabu (4/4/2018).

Menurut M Farhaniansyah menjelaskan kasus para pekerja di industri air minum dalam kemasan di Desa Pulausari, Kecamatan Tambangulang, sudah satu pekan.

"Kendala Pemerintah Kabupaten Tanahlaut karena pengawasan itu merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi Kalsel," katanya diamini didampingi rekannya Ibnu Qoyim, Seksi Persyaratan Kerja.

Terkait rekrutmen tenaga kerja yang dilaksanakan penyedia jasa pekerja kontrak, PT Berkah Lancar Abaditama (BLA), terhadap pekerjanya.

Pemerintah Kabupaten Tanahlaut, ternyata belum pernah meneliti konsep perjanjian kerja waktu tertentu yang disodorkan kepada pekerja hingga menimbulkan kegaduhan.

Sariful, pekerja yang kecewa mengaku sekitar sepuluh tahun ini bekerja di industri air minum dalam kemasan merek Cleo tersebut.

Warga Desa Malukabaulin, Kecamatan Tambangulang itu mengaku bekerja di industri itu bersama istrinya hingga terjadi pemutusan hubungan kerja yang dinilainya sepihak.

"Sudah sepekan ini kami melakukan bipartit. Dua kali bipartit tidak ada kesepakatan. Makanya kami minta tolong kepala desa mencarikan solusinya," katanya. (Banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved