Ekonomi dan Bisnis

Ini Dia Bank yang Akan Jadi Andalan OJK Berantas Rentenir, Begini Skema Cicilannya

masyarakat kurang mampu yang memiliki usaha kecil menengah bisa melakukan pinjaman uang tanpa harus memikirkan beratnya cicilan

Ini Dia Bank yang Akan Jadi Andalan OJK Berantas Rentenir, Begini Skema Cicilannya
kompas.com
Seminar dan Diskusi Bank Wakaf Mikro oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Hotel Java Heritage Purwokerto, Jawa Tengah, Kamis (5/4/2018).(KOMPAS.com/RIDWAN AJI PITOKO) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PURWOKERTO - Rentenir yang masih saja menjerat  masyarakat kelas menengah bawah menjadi perhatian Otoritas Jasa Keuangan.

Karena itulah OJK berniat membentuk sebuah lembaga keuangan yang jauh dari praktik rentenir untuk masyarakat.

Bank Wakaf Mikro, demikian nama lembaga keuangan yang akan dibentuk OJK tersebut.

Keberadaan Bank Wakaf Mikro (BWM) diharapkan bisa menjadi solusi agar masyarakat baik di peRdesaan maupun perkotaan tidak lagi meminjam uang kepada rentenir.

Kepala Departemen Perbankan Syariah Otoritas Jaksa Keuangan ( OJK) Ahmad Soekro Tratmono menyebutkan, masih minimnya akses keuangan masyarakat terutama di pedesaan membuat rentenir menjadi satu-satunya jalan bagi mereka ketika membutuhkan pinjaman uang.

"Kami prihatin dengan kondisi itu ketika untuk memenuhi kebutuhan mereka yang paling dekat itu adalah rentenir. Mereka datang door to door, pinjam 100 ribu kembali 150 ribu. Makanya perlu ada Bank Wakaf Mikro hadir di tengah-tengah mereka," jelas Soekro kepada wartawan di Purwokerto, Jawa Tengah, Kamis (5/4/2018).

Baca: Ribuan Orang Turun ke Jalan Gelar Demonstrasi Gara-gara Puisi Sukmawati, Pendemo Minta Polisi Tegas

Baca: Isi Lengkap Puisi Sukmawati Soekarnoputri yang Disebut Mengandung SARA, Singgung Cadar dan Adzan

Baca: Beredar Bocoran Draf Peraturan Menkoinfo, Blokir Total Kartu Telepon Bakal Dipercepat?

Dengan adanya BWM, masyarakat kurang mampu yang memiliki usaha kecil menengah bisa melakukan pinjaman uang tanpa harus memikirkan beratnya cicilan untuk mengganti pinjaman tersebut.

Halaman
12
Editor: Ernawati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved