Berita Banjarmasin

Jenis Buah Buahan Langka di Kalsel Bisa Ditemukan di Desa ini, Ini Cara Kades Melestarikannya

Kepala Desa di sana pun melarang untuk warga jika merusak tanaman apalagi buah buahan.

Jenis Buah Buahan Langka di Kalsel Bisa Ditemukan di Desa ini, Ini Cara Kades Melestarikannya
istimewa
buah langka asli Kalimantan di Desa Marijai Balangan

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Desa Marijai di Balangan ternyata menimpan keunikan luar biasa. Bahkan di desa itu masih dilestarikannya buah buahan yang sudah sangat jarang dan kangka ditemukan.

Melihat potensi yang bisa dimanfaatkan untuk pelestarian, ini Kepala Desa di sana pun melarang untuk warga jika merusak tanaman apalagi buah buahan.

Jenis jenis tanaman tersebut adalah buah mahrawin, buluan, siwau, fujian, kapul, cempedak, kumbayau, manja, maritam, liyung, kulidang, gitaan, tampirik, jelamu, hambawang pulisan, ramania, karusung, jantikan, binturung, mentawa, tampang susu, silulung, limpasu, kasip, baluku, lahung, karatungan, patiti, salak hutan dan patikala.

Selain menjadi syurganya buah buahan hutan asal Kalsel. Di Desa itu juga rupanya menyimpan eksotika alam yang menarik untuk dieksplore menjadi tempat wisata.

Baca: Hasil Barcelona vs Valencia di Liga Spanyol Pekan 32, Suarez Bawa Barca Unggul 1-0 Di Babak Pertama

Menurut Kepala Desa Marajai Bapak Adi Setiawan bahwa keberadaan kebun buah langka ini merupakan peninggalan tanaman orang tua tua dulu yang sampai saat ini tetap diwarisi dan dilestarikan oleh masyarakat sekitar pada Desa Marajai.

Pada areal Marajai juga terdapat kebun buah langka yang mengelompok dengan luasan hampir dua hektar dengan jenis jenis tanaman buah yang langka. "Kami juga lestarikan ini di desa kami," kata dia. (Banjarmasinpost.co.id/huda).

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved