Kisah di Balik Bukit Timah

Bukit Timah, Benteng Pertahanan Pejuang Kemerdekaan Kedua di Tanahlaut Setelah Gunung Bajuin

Keberadaan Bukit Timah di Desa Tanjungdewa, Kecamatan Panyipatan diyakin punya andil dalam perjuangan kemerdekaan.

Bukit Timah, Benteng Pertahanan Pejuang Kemerdekaan Kedua di Tanahlaut Setelah Gunung Bajuin
banjamasinpost.co.id/mukhtar wahid
Bukit Timah di Kecamatan Panyipatan Tanahlaut 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Keberadaan Bukit Timah di Desa Tanjungdewa, Kecamatan Panyipatan diyakin punya andil dalam perjuangan mempertahankan revolusi Kemerdekaan Indonesia.

Tanda bekas kuburan pejuang warga Desa Batakan di kaki bukit itu merupakan saksi bisu, gugurnya para pahlawan revolusi kemerdekaan. Kini bekas kuburan itu dibangunkan monumen pahlawan revolisi di sekitar bukit tersebut.

Informasi dihimpun Banjarmasinpost.co.id, kuburan para pejuang di kaki bukit Timah itu sudah dipindahkan Pemerintah Kabupaten Tanahlaut di tempat yang layak, yaitu Taman Makam Pahlawan Bumi Tuntungpandang di Kelurahan Pabahanan.

Darham, warga Desa Tanjungdewa mengaku cucu dari pahlawan Batakan. Sewaktu kubur datuknya dipindah, ia mengaku bersama kakeknya turut mengikuti penggalian makam para pahlawan tersebut.

Baca: Skor Akhir PSG vs AS Monaco, Dahsyat PSG Kunci Gelar Juara Liga Prancis 2017-2018 Usai Memang 7-1

"Saat makam dipindah ke Makam Pahlawan Tuntungpandang. Seingat saya, kakek selalu memegangi tangan saya saat proses pemindahan makam.

Kata kakek, itu adalah makam datuk saya. Datuk pejuang dan kakek juga anggota veteran," katanya kepada Banjarmasinpost.co.id, Minggu (15/4/2018).

Keterangan kakek Darham inilah, menyebutkan bahwa para pejuang yang selamat itu berlindung di balik bukit Timah sambil menembaki para penjajah yang ingin kembali menduduki Batakan.

"Cerita kakek itu perjuangan datuk gugur sebagai pahlawan itu sekitar 1946. Pendaratan pasukan Belanda dihadang di bukit Timah ini," katanya. (Banjarmasinpost.co.id/MukhtarWahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved