Keunikan Masjid Pusaka Puain Kanan

Wow! Ada Makam Berukuran Besar di Lokasi Pembangunan Awal Masjid Pusaka

Di lokasi awal yang dulunya disebut daerah Banua Usang yang juga masih ada di Desa Puain Kanan, ada ditemukan beberaa makam.

Wow! Ada Makam Berukuran Besar di Lokasi Pembangunan Awal Masjid Pusaka
dony usman
Jupel Masjid Pusaka Nurul Iman, Mahyuni 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Jejak peninggalan dari pemindahan lokasi awal Masjid Pusaka Nurul Iman Desa Puain Kanan kecamatan Tanta, Kabupaten Tabalong masih terlihat.

Di lokasi awal yang dulunya disebut daerah Banua Usang yang juga masih ada di Desa Puain Kanan, ada ditemukan beberapa makam.

Banua Usang sendiri menjadi lokasi pertama masjid berdiri karena disitulah dahulunya perkampungan berada sebelum pindah ke dekat sungai.

Baca: Ribut-ribut Facebook Ditutup Lalu Diblokir 24 April, Ini Fakta Sesungguhnya

Baca: Ponsel Jadul Nokia 8210, Ternyata Disukai Gembong Narkoba, Alasannya Masuk Akal

Baca: PSIS Semarang vs Persija Jakarta : Macan Kemayoran Waspadai Bruno Silva

Masjid Pusaka Nurul Iman Puain Kanan
Masjid Pusaka Nurul Iman Puain Kanan (dony usman)

Dari pantauan banjarmasinpost.co.id, di lokasi yang dikatakan menjadi tempat awal masjid berdiri ini ada makam dengan ukuran panjang dan lebarnya tidak seperti ukuran kuburan yang ada saat ini.

Di antara beberapa makam itu ada satu yang nampak berbeda karena diberi pagar dan atap.

Di bagian dalam pagarnga juga terlihat lebih terawat dibandingkan makam lainnya.

Menurut Jupel Masjid Pusaka Nurul Iman, Mahyuni, makam berukuran besar itu adalah makam dari Datu Labai Lumiyah yang merupakan pembantu dari Datu Ranggama.

"Jadi di lokasi itu tempat makam anak cucu, khatib dan bilal dari Datu Ranggama.Sedangkan Datu Ranggama sampai sekarang tidak diketahui dimana makamnya," ucap Mahyuni. (banjarmasinpost.co.id/dony usman)

Di lokasi awal yang dulunya disebut daerah Banua Usang yang juga masih ada di Desa Puain Kanan, ada ditemukan makam ukuran besar.
Di lokasi awal yang dulunya disebut daerah Banua Usang yang juga masih ada di Desa Puain Kanan, ada ditemukan makam ukuran besar. (dony usman)
Di lokasi awal yang dulunya disebut daerah Banua Usang yang juga masih ada di Desa Puain Kanan, ada ditemukan makam besar.
Di lokasi awal yang dulunya disebut daerah Banua Usang yang juga masih ada di Desa Puain Kanan, ada ditemukan makam besar. (dony usman)
Penulis: Dony Usman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved