Berita Tanahlaut

Viral, Aksi Bripka Trie Wardoyo Mandikan Cukur Rambut Udin yang Alami Ganguan Jiwa, Ini Ceritanya

Aksi Bripka Trie Wardoyo, Kepala Unit Binmas Polsek Kurau, menjadi viral saat memandikan dan mencukur rambut panjang Syamsudin

Viral, Aksi Bripka Trie Wardoyo Mandikan Cukur Rambut Udin yang Alami Ganguan Jiwa, Ini Ceritanya
banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid
Kepala Unit Binmas Polsek Kurau Bripka Trie Wardoyo terus mengajak Udin bersosialisasi agar tidak lagi dikucilkan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Aksi Bripka Trie Wardoyo, Kepala Unit Binmas Polsek Kurau, menjadi viral saat memandikan dan mencukur rambut panjang Syamsudin alias Udin (25), warga Desa Handil Gayam, Kecamatan Bumi Makmur, Kabupaten Tanahlaut, Kamis (19/4/2018).

Reporter Banjarmasinpost.co.id, berkesempatan menemui Bripka Trie Wardoyo di rumah tinggal Udin di Desa Handil Gayam atau sekitar 12 kilometer dari Polsek Kurau dan sekitar 46 kilometer dari Pelaihari, Ibukota Kabupaten Tanahlaut.

Bripka Trie Wardoyo mengaku menemui Udin karena sejak memandikan, kesibukan sebagai polisi menyita waktunya berkunjung. Kali ini, Bripka Trie Wardoyo membelikan sandal jepit baru, pakaian serta celana yang diniatkan sebagai hadiah kepada Udin.

Menurutnya terapi bagi Udin harus selalu diajak berkomunikasi dan berjemur agar terlihat segar. Faktor sekitar lingkungan tempat tinggal Udin harus membuat nyaman dan menerima keadaan Udin.

Baca: Live TV One! LIVE STREAMING Persis Solo vs Semen Padang Liga 2 di TVOne Malam Ini 19.30 WIB

"Jangan mengucilkan orang seperti Udin ini, harus diajak berkomunikasi. Kalau diacuhkan justru membuat kepercayaan dirinya kembali down," katanya, Senin (23/4/2018).

Bripka Trie Wardoyo menemui Udin yang terbaring di kamarnya selama dua tahun ini menjadi tempatnya berlindung dari kepanasan dan kehujanan serta menghindar dari pergaulan masyarakat di sekitarnya.

Menurut Bripka Trie Wardoyo, usahanya menemui Udin karena panggilan nurani. Itu juga memenuhi kehendak pimpinan Polri, yaitu bermanfaat bagi masyarakat, profesional, modern dan terpercaya.

"Selama saya mampu dan bermanfaat bagi masyarakat akan saya lakukan asalkan tidak bertentangan dengan hukum. Ini kali pertama saya membuat kepercayaan diri Udin bangkit. Apakah saya salah membuat Udin tidak lagi mengurung diri di dalam rumahnya," katanya.

Bripka Trie Wardoyo mengaku tidak punya ilmu khusus mengobati orang yang mengalami gangguan kejiwaan. Tapi dia melihat Udin hanya kurang berkomunikasi saja.

Halaman
12
Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved