Berita Balangan

Upaya Lestarikan Budaya Dayak Halong, Eter Nabiring Kembali Terbitkan Buku Ini

Kini halong semakin dikenal dimasyarakat, terutama masyarakat luar daerah, bagi mereka yang ingin mengenal halong

Upaya Lestarikan Budaya Dayak Halong, Eter Nabiring Kembali Terbitkan Buku Ini
elhami
Eter Nabiring bersama buku baru yang baru saja dicetak 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Daerah Halong yang berada di Kabupaten Balangan menjadi daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang mengunjunginya, ada banyak kekayaan disana, suku dayaknya, alamnya yang masih asri, wisatanya melimpah, kearifan lokalnya serta lainnya.

Kini halong semakin dikenal dimasyarakat, terutama masyarakat luar daerah, bagi mereka yang ingin mengenal halong tinggal membaca bukunya yang baru-baru ini diterbitkan oleh salah seorang tokoh dayak Halong yaitu Eter Nabiring.

Ya, lelaki kelahiran Halong 20 Oktober 1967 ini kembali melahirkan sebuah karya buku baru yang diterbitkannya pada 1 April 2018, buku tersebut berjudul "Ritual Adat & Cerita Dayak Halong".

Sebelumnya ia juga telah menerbitkan dua buku karangannya yaitu Kamus Populer Dayak Balangan dan Dayak Halong Balangan.

Kepada banjarmasinpost.co.id, Rabu (25/4/2018) Eter Nabiring mengatakan, persiapan untuk menerbitkan buku baru ini kurang lebih setengah tahun, dengan dilatarbelakangi menjaga kearifan lokal Dayak Halong.

"Saya punya motto yang membuat saya semangat menulis buku yaitu "bergegas melawan waktu, berkarya tiada henti, merawat warisan leluhur, menjaga yang tersisa"," ujarnya.

Menurutnya, semangat itulah yang menjadi landasan untuk terus berupaya melahirkan sebuah karya yaitu buku, cerita tentang Dayak Halong begitu sangat banyak dan generasi ke generasi harus terus dipertahankan.

"Melalui buku inilah saya berupaya membertahankan tradisi leluhur Dayak Halong," katanya.

Disebutkannya, dalam buku ini ada empat tema yang dijabarkan yaitu tentang ihwal Dayak Halong, ritual adat perkawinan Dayak Halong, ritual Adat Munelang, dan cerita rakyat Dayak Halong.

Disampaikannya, kedepan jika tak ada rintangan di tahun 2019 akan menargetkan untuk kembali membikin buku tentang perladangan masyarakat Dayak Halong.(banjarmasinpost.co.id/muhammad elhami)

Penulis: Elhami
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved