Bumi Murakata

Sebelum Launching Gernas Baku, Himpaudi Ajak Orangtua Gemar Membaca

Bunda PAUD Hulu Sungai Tengah, Ernawati Chairansyah, mengajak para orangtua menyukseskan Gerakan Nasional Orangtua

Sebelum Launching Gernas Baku, Himpaudi Ajak Orangtua Gemar Membaca
BANJARMASINPOST.co.id/hanani
Bunda PAUD Hulu Sungai Tengah, Ernawati Chairansyah, mengajak para orangtua menyukseskan Gerakan Nasional Orangtua Baca Buku (Gernas Baku) di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Bunda PAUD Hulu Sungai Tengah, Ernawati Chairansyah, mengajak para orangtua menyukseskan Gerakan Nasional Orangtua Baca Buku (Gernas Baku) di Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Hal itu disampaikan saat sosialisasi Gernas Baku 2018 yang diselenggarakan Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kabupaten Hulu Sungai Tengah, bersama Dinas Pendidikan Rabu 25 April 2018 di Pendopo Kabupaten HST

Menurut Hj Ernawati, untuk bisa menyaring informasi yang lebih mendidik, terlebih dahulu orang tua harus membaca bukunya baru dibacakan kepada anak.

Sosialisasi Gernas Baku 2018 yang diselenggarakan Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kabupaten Hulu Sungai Tengah, bersama Dinas Pendidikan Rabu 25 April 2018 di Pendopo Kabupaten HST
Sosialisasi Gernas Baku 2018 yang diselenggarakan Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kabupaten Hulu Sungai Tengah, bersama Dinas Pendidikan Rabu 25 April 2018 di Pendopo Kabupaten HST (BANJARMASINPOST.co.id/hanani)

“Peran orang tua dan pendidik bagi anak begitu penting. Oleh sebab itu selain budaya membaca, anak juga harus diajarkan kejujuran,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Himpaudi HST Sri Handriati mengatakan, Gernas Baku bertujuan membiasakan orangtua membaca buku bersama anaknya.

Selain itu, menumbuhkan minat dan budaya membaca anak sejak dini serta mempererat hubungan emosi antara anak dan orang tua.

"Saat ini kami laksanakan sosialisasi. Nantinya launching Gernas Baku dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia 2 Mei 2018 mendatang. Bertepatan hari pendidikan nasional. Di HST launching Gernas Baku akan dipusatkan di Lapangan Dwi Warna Barabai," ungkapnya.

Disebutkan, Gernas Baku juga akan dilaksanakan secara serentak pada 5 Mei mendatang, di seluruh lembaga Paud di Bumi Murakata.

Kadisdik HST, H Riduan didampingi Kabid Pembinaan Paud Dikmas Disdik HST Misran menungkapkan, Gernas Baku ini merupakan kegiatan Nasional yang gerakannya sampai ke tingkat daerah.

Gerakan tersebut, adalah budaya literasi untuk menumbuhkan minat baca anak sejak dini. Serta menambah pengetahuan anak dengan dibacakan buku oleh orang tuanya.

"Paling tidak orang tua membacakan buku bagi anak, 10 menit setiap hari. Dengan begitu, tumbuh kembang otak anak dan imajinasinya menjadi bagus. Selain itu anak terbiasa dengan buku dan minat bacanya terbuka. Anak pun menjadi gemar membaca buku baik cerita rakyat, cerita nabi atau dongeng," katanya.

Sosialisasi Gernas Baku ini, mengundang 250 orang Kepala Sekolah dan Pendidik PAUD dan TK Sekabupaten HST. Bunda PAUD Kecamatan, PKK HST, pengawas serta penilik TK dan Paud di HST.Juga mengundang Dinas Perpustakaan HST dan Dinas Pemberdayaan Desa HST. (BANJARMASINPOST.co.id/aol)

Penulis: Hanani
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved