Berita Hulu Sungai Selatan

Produk-produk Kerajinan Lokal dari Bahan Ini Ditampilkan Dekranasda HSS di Jakarta

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) HSS kembali memperkenalkan

Produk-produk Kerajinan Lokal dari Bahan Ini Ditampilkan Dekranasda HSS di Jakarta
istimewa
Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) HSS kembali memperkenalkan produk kerajinan lokalnya ditingkat nasional. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) HSS kembali memperkenalkan produk kerajinan lokalnya ditingkat nasional.

Pada kegiatan pameran International Handicraft Trade Center (Inacraf) 2018 yang berlangsung di Jakarta Convetion Center (JCC), Rabu (25/4) hingga Minggu (29/4), Dekranasda HSS mengikutinya.

Pameran Inacraft 2018 dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI H Jusuf Kalla.

Pada kegiatan ini Ketua Dekranasda HSS Hj Zaitun Ardiansyah, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi Usaha Kecil dan Perindustrian (Disnakerkop UKP) HSS, Sasmi Rifani dan pengrajin Lokal HSS menghadiri kegiatan.

Baca: Di Malam Nisfu Syaban Allah SWT Turun ke Langit Dunia dan Mencari Hambanya yang Lakukan Ini

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi Usaha Kecil dan Perindustrian (Disnakerkop UKP) HSS, Sasmi Rifani mengatakan dari Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) semua kabupaten/kota di Kalsel mengikuti Inacraf 2018.

"Dari Kalsel ada 13 perwakilan Kabupaten/Kota. Untuk lokasi stand Dekranasda HSS berada di hall B Nomor 66 JCC Senayan," katanya, Minggu, (29/4).

Dikatakannya bahwa tahun ini total stand di Inacraft 2018 ada 3000 ribu stand atau meningkat dibanding tahun 2017 yang diikuti 1.400 stand.

Baca: Rekaman Rini-Sofyan Beredar, Sekjen PDIP: Menteri Rini Libatkan Keluarga Tak Sesuai Presiden

Selain itu juga ada 100 stand yang disimpan oleh perwakilan dari negara sahabat.

Banyaknya stand dan berbagai produk yang dipamerkan menjadi magnet tersendiri bagi para pengunjung yang bisa hadir dari pukul 09.00-22.00 WITA.

"Untuk HSS kita mengenalkan beragam produk kerajinan lokal berbahan bambu, kayu, sasirangan dan eceng gondok," ujarnya lagi.

Produk-produk itu dibuat oleh tangan-tangan terampil para pengrajin lokal dengan memanfaatkan potensi alam yang ada di HSS.

Menurutnya, ajang Inacraft akan memberikan banyak manfaat dan wawasan bukan hanya bagi pengunjung, tetapi juga bagi para pesertanya yang mengikuti kegiatan.

Baca: Malam Nisfu Syaban Adalah Malam Pengampunan Dosa, Ini 3 Amalan yang Bisa Dilakukan

"Para pengrajin dapat berbagi ilmu keterampilan dan bisa saling memberikan masukan tentang produksi dan pemasaran dari produk-produk yang dipamerkan," lanjutnya.

Khusus untuk pengrajin HSS ditegaskannya akan mendapatkan wawasan dan pola pikir yang lebih maju dengan bisa melihat dan bersaing Kreativitas dengan pengrajin dari daerah lain.

Setiap tahun pihaknya selalu membawa pengrajin atau pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dan sekaligus memperkenalkan produk lokal dari HSS pada kegiatan Inacraft.

"Pada Inacraft 2018, pengrajin lokal yang dibawa ke pameran Inacraft jakarta berjumlah lima orang, yakni perajin sasirangan satu orang, perajin kayu satu orang dan perajin bambu tiga orang," tambahnya.

Penulis: Aprianto
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved