Berita Kalteng

Mayday 2018, Buruh di Kapuas Tuntut Pembubara Dewan Pengupahan hingga Kenaikan UMK 2019

Isi dari orasi itu antara lain, para buruh menuntut pemerintah agar membubarkan dewan pengupahan dan dewan Tripartit

Mayday 2018, Buruh di Kapuas Tuntut Pembubara Dewan Pengupahan hingga Kenaikan UMK 2019
tribunkalteng.com/jumadi
Pengurus dan buruh Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia, Federasi Hukatan, diketuai M Junaidi L Gaol (kemeja hijau) sedang melakukan orasi MayDay, Selasa (1/5/018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Memperingati hari buruh se dunia atau Mayday 2018 dengan berorasi bersama beberapa perwakilan buruh di Kapuas. Orasi yang dikoordinir oleh M Junaedi L Gaol, selaku Ketua DPC KSBI Federasi Hukatan Kabupaten Kapuas itu berlangsung di rumah, sekaligus kantor Sekretaris DPC KSBI, Jalan Patih Rumbih IV Kota Kualakapuas Kalteng, Selasa (1/5/2018) siang.

Isi dari orasi  Hari Buruh Mayday 2018 itu antara lain,  para buruh menuntut pemerintah agar membubarkan dewan pengupahan dan dewan Tripartit pada dinas tenaga kerja Kabupaten Kapuas yang tidak melibatkan DPC-KSBSI F Hukatan Kabupaten Kapuas.

Menuntut pemerintah membubarkan pengawas tenaga kerja, penyidik sipil yang tidak berfungsi pada dinas tenaga kerja Kabupaten Kapuas.

Baca: 5 Fakta Richard Kyle yang Dikabarkan Bersama Jessica Iskandar di Bali, Ternyata Anak Mama Loh

Memaksa pemerintah turun ke lapangan memeriksa penerapan struktur dan skala upah di setiap perusahaan, menindak tegas perusahaan yang membayar upah buruh di bawah ketentuan upah minimun kabupaten.

Sambil berteriak dan sesekali mengangkat tangan, Junaidi Gaol menambahkan para buruh menuntut agar perusahaan di Kabupaten Kapuas untuk mendaftarkan seluruh pekerjanya pada BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenaga Kerjaan.

"Kami juga menuntut kenaikan UMK tahun 2019, pekerja di bawah terik matahari harus mendapatkan upah harian sebesar Rp125 ribu per hari atau dengan kenaikan 15 persen dari UMK tahun 2018," kata Junaidi Gaol. (banjarmasinpost.co.id/jumadi)

Penulis: Jumadi
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved