Berita Banjarmasin

Ini Penjelasan Beacukai soal Ribuan Ton Pupuk Tanpa Cap dari China

Kasatreskrim Polresta Banjarmasin AKP Ade Paparihi mengatakan, polisi masih berkoordinasi dengan pihak Kantor Pelayanan Bea dan Cukai

Ini Penjelasan Beacukai soal Ribuan Ton Pupuk Tanpa Cap dari China
banjarmasinpost.co.id/huda
pupuk diduga illegal dari China 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kasatreskrim Polresta Banjarmasin AKP Ade Paparihi mengatakan, polisi masih berkoordinasi dengan pihak Kantor Pelayanan Bea dan Cukai Banjarmasin.

"Sejauh ini kami masih amankan sementara, kami akan koordinasi dengan Bea Cukai dan petugas pelabuhan untuk memastikan ada tidaknya dugaan pelanggaran," jelas Kompol Ade Paparihi.

Disebutkan Ade Paparihi, bahwa pupuk-pupuk tersebut informasinya adalah untuk bahan perkebunan kelapa sawit.

"Infonya untuk sawit. Tapi kita akan cek dulu. Kami juga utamakan koordinasi dengan petugas bea dan cukai," kata Ade Paparihi.

Baca: Jeje Govinda Ungkap Perbedaan Kelakuan Syahnaz Setelah Resmi Menikah

Kasus pupuk diduga illegal dari China ini ternyata mendapat perhatian khusus dari pejabat daerah ini, seperti terlihat sore tadi, Danrem Kol Inf Yudhianto Putrajaya juga ada di pelabuhan.

Terpantau pula di lapangan, anggota Tim Intel Korem 101/Antasari sebanyak 6 orang dipimpin oleh Wadantim Intel Korem 101/Antasari Lettu Inf A. Basori juga mencari dokumen bongkar muat hingga ke pengiriman ekspor impor.

Baca: Beredar, Foto Mirip Anies Baswedan Tidur di Kabin Pesawat Penerbangan First Class

Dari dokumen ternyata lengkap, mulai Surat persetujuan izin bongkar di luar kawasan Pabean, Dokumen Manifest, Surat Izin Berlayar, SPBB (Surat Persetujuan Pengeluaran Barang), dan PIB (Pemberitahuan Impor Barang).

Informasi di lapangan Kapal Kargo MV Toyo Maru telah melaksanakan bongkar muat di muara Taboneo sebanyak 2.447 Ton yang diangkut oleh TB Sumber Utama dan TG LGM 2588 dengan tujuan Pulang Pisau Kalteng dengan rincian yang sudah dibongkar di tongkang jumbo sebanyak 2.003 Ton, 1 ton terdiri dari 200 sak dengan berat 50 kg.

Baca: Ngaku Go Internasiaonal, Harga Baju Lucinta Luna Bikin Heboh! Baju Murah, Sombongnya Parah

Rencana yang akan dibongkar di Pelabuhan Trisakti Bandarmasih sebanyak 4.100 Ton dan disimpan di Gudang B Pelindo pelabuhan Bandarmasih

Informasi dihimpun Banjarmasin Post bahwa pupuk sebanyak itu akan dipasok ke perusahaan yang berada di Kalteng.

Adapun yang Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Banjarmasin, Firman, belum bisa memberikan keterangan banyak sebab masih dilakukan pemeriksaan.

"Sementara hingga malam masih dicek anggota dilapangan pak," kata Firman kepada Banjarmasin Post.

(banjarmasinpost.co.id/huda).

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved