Cerita Pengusaha Kayu Gaharu

Menikmati Khasiat Teh Gaharu Buat Detoksifikasi, dari Daun Gaharu Muda, Begini Cara Membuatnya

Di pertokoan Cahaya Bumi Selamat (CBS), Martapura, Kabupaten Banjar, kita bisa mendapatkan teh kemasan berbahan daun gaharu tersebut.

banjarmasinpost.co.id/salmah
Teh dari daun gaharu 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Minum teh adalah bagian budaya masyarakat Indonesia, selain minum kopi. Dan saat ini banyak ragam teh di tanah air, salah satunya teh gaharu.

Teh gaharu memang tidak banyak dijual bebas seperti teh yang umumnya berbahan daun teh. Ini karena budidaya gaharu tidak seramai perkebunan teh.

Di pertokoan Cahaya Bumi Selamat (CBS), Martapura, Kabupaten Banjar, kita bisa mendapatkan teh kemasan berbahan daun gaharu tersebut.

Seperti halnya teh gaharu yang dijual di Toko Udin Borneo, pertokoan CBS. Sejumlah kotak teh gaharu berbentuk teh celup itu menjadi bagian barang dagangan selain olahan gaharu lainnya.

Baca: Aroma Harum Menenangkan Pikiran, Begini Cara Pengusaha Martapura Meramu Dupa Berbahan Gaharu

H Nurdin, pemilik toko, menjelaskan, teh gaharu yang ia jual adalah produk lokal, berasal dari industri di Kabupaten Barito Kuala.

"Teh ini sudah banyak yang suka. Tak jauh beda dengan teh umumnya, berwarna kemerahan, aromanya juga wangi," terangnya.

Teh gaharu di buat dari daun gaharu yang masih segar terutama bagian pucuknya. Ada dua cara untuk menjadikan minuman, langsung merebus daunnya atau dikeringkan dulu.

Dijelaskan Mushthafa, mahasiswa kehutanan ULM Banjarbaru, cara pertama sangat simpel. Daun gaharu yang masih segar bisa langsung direbus dengan air bersih.

"Cukup 6-8 helai daun yang masih muda. Cuci bersih kemudian rebus sampai airnya separuh atau berkurang seperempatnya," paparnya.

Baca: Dari Batang Gaharu Buaya H Nurdin Bisa Membuat Dupa dan Beragam Barang Kerajinan Unik

Rasanya memang agak pahit. Namun air rebusan berwarna merah itu boleh dicampur madu atau gula untuk menghilangkan pahitnya. Nyaman diminum selagi hangat.

Sedangkan teh gaharu kemasan, diolah dengan menjemur daunnya selama 2 atau 3 hari. Setelah itu diiris tipis. Barulah dikemas menjadi teh celup atau teh serbuk.

Setelah mengkonsumsi teh gaharu secara teratur akan meningkatkan buang air kecil. Hal ini menunjukkan teh gaharu bekerja. Pembilasan saat detoksifikasi ini untuk melumasi perut.

Aroma yang dihasilkan dari daun memiliki efek menenangkan alami yang mengurangi gejala stres. Daun Gaharu juga meningkatkan sirkulasi darah di tubuh yang penting untuk metabolisme.

Nah, kalau tadi manfaat gaharu sebagai minuman teh. Manfaat lain gaharu juga diyakini sejumlah orang dapat menetralisir energi negatif. Bagaimana itu, simak tulisan selanjutnya. (banjarmasinpost.co.id/dea)

Penulis: Salmah
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved