4.925 Napi Se-Kalimantan Selatan Bakal Dapat Remisi Idul Fitri

Pada Idul Fitri 1439 H ini ribuan napi atau tahanan yang menghuni Lembaga Permasyarakatan dan Rumah Tanahan yang ada di

4.925 Napi Se-Kalimantan Selatan Bakal Dapat Remisi Idul Fitri
BANJARMASINPOST.co.id/isti rohayanti
(Ilustrasi) Lapas Teluk Dalam Banjarmasin. Foto diambil Kamis (11/1/2018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID,BANJARMASIN - Pada Idul Fitri 1439 H ini ribuan napi atau tahanan yang menghuni Lembaga Permasyarakatan dan Rumah Tanahan yang ada di Kalimantan Selatan bakal mendapatkan pengurangan tahanan atau remisi.

Dimana akan ada 4.925 tahanan yang akan mendapatkan remisi khusus Idul Fitri 1439 H kali.

Hal ini diungkapkan Kabag Humas sekaligus Kepala Sun Bidang Keamanan Divisi Permasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kalsel, Sugito.

Menurutnya, dari total 8.922 napi/tahanan di Kalsel per Kamis (31/05), ada 4.925 orang yang mendapatkan remisi khusus Idul Fitri Tahun 2018.

Baca: Empat Pelaku Pembunuhan Warga Asal Martapura di Kandangan Berhasil Diamankan, Ini Motifnya

Baca: Jadwal Lengkap! Siaran Langsung (Live) Piala Dunia 2018 Rusia di Trans7, Trans TV dan Transvision

Adapun rinciannya. 3.380 orang Kasus Tindak Pidana Umum (TPU) dan 1.545 orang Kasus Tindak Pidana Khusus (TPK).

Dan total dari Napi/Tahanan di Kalsel yang langsung bebas atau RK-II sebanyak 42 orang dimana yang terbanyak pada Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Khusus Narkotika Kelas IIA Karang Intan ada 15 Orang

Menurutnya, remisi sebagai reward, tentunya akan ada punishment apabila warga binaan pemasyarakatan melakukan pelanggaran.

Termasuk sanksi tidak diberikan remisi.

Sedangkan sisa 3.997 napi/tahanan yang tidak mendapatkan remisi Khusus Idul fitri untuk TPU karena belum menjalani 6 bulan Pidana.

Atau sedang menjalani register F atau tidak berkelakuan baik, dan sedang menjalani cuti bersyarat, cuti menjelang bebas, pembebasan bersyarat dan untuk tindak pidana korupsi (TPK) ada persyaratan menjalani 1/3 masa Hukuman (karena tidak ada Juctice Collaborator)

Sementara itu dari 1.545 orang Kasus TPK yang yang memperoleh Remisi Khusus Idul Fitri tahun 2018 ada 4 Napi Kasus Korupsi yang mendapatkan remisi yaitu pada Lapas Kelas IIA Banjarmasin 1 orang, Lapas Kelas IIB Amuntai 1 orang, Lapas Kelas III Tanjung 1 orang, Lapas Kelas III Banjarbaru 1 orang.(BANJARMASINPOST.CO.ID/Irfani)

Penulis: Irfani Rahman
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved