Berita Kalteng

Banyak Rumah Kosong Ditinggal Mudik, Warga Jalan Badak Gelar Pos Kamling Tangkal Maling

Sejak beberapa malam ini, warga aktif melakukan siskamling selama Bulan Suci Ramadan dan mendekati Hari Raya Idul Fitri

Banyak Rumah Kosong Ditinggal Mudik, Warga Jalan Badak Gelar Pos Kamling Tangkal Maling
Istimewa
Warga melakukan pos ronda menjelang Lebaran. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Rasa peduli terhadap lingkungan ditunjukkan warga yang tinggal di Jalan Badak Kelurahan Bukittunggal Kecamatan Jekanraya, Palangkaraya, dengan melaksanakan Pos Kamling di RT.05 RW.IX.

Sejak beberapa malam ini, warga aktif melakukan siskamling selama Bulan Suci Ramadan dan mendekati Hari Raya Idul Fitri yang tinggal empat hari lagi, sehingga kawasan lingkungan RT atau RW pun menjadi sepi.

Apalagi sudah biasa terjadi saat banyak warga mudik untuk berlebaran kerap muncul tindak kejahatan berupa pencurian rumah kosong yang ditinggal mudik pemiliknya untuk berlebaran bersama sanak keluarga di kampung halaman.

Baca: Ucapan Lebaran Idul Fitri 2018 Dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia

Dalam Rangka peran serta menjaga keamanan lingkungan menjelang Hari Raya Idulfitri 1439 Hijriyah, sebagaian warga memang banyaj yang sudah mudik, penjagaan dilakukan juga menjelang Pilkada yang tinggal dua minggu lagi.

Warga jalan Badak Palangkaraya melaksanakan Pos Kamling tepatnya di RT.05 RW.IX.Ini sebagai upaya untuk mengantisipasi adanya perkembangan wilayah dan pencegahan tindak pidana pencurian.

Baca: Inilah 20 Kumpulan Ucapan Maaf Lahir Batin di Lebaran, Idul Fitri 2018

"Selain itu juga untuk silaturahmi antar warga dengan mengisi waktu jaga , kami bermain gaplek sebagai hiburan," ujar Sekretaris Kelurahan Bukit Tunggal, Priyadi, yang juga penggas dilaksanakannya pos kamling tersebut, Senin (11/6/2018).

Sementara itu, Ketua RT.05 RW.IX, Heri Suharto, mengatakan, ronda di pos kamling yang selama ini dilaksanakan oleh warga jalan Badak dapat mencegah dan mengurangi perbuatan dari orang yang tidak bertanggung jawab.

"Ini upaya kami agar niat dan perbuatan yang menjurus kearah kriminalitas yang mengganggu ketertiban masyarakat bisa ditangkal, sehingg diharapkan kondisi keamanan di lingkungan kami tetap aman dan kondusif,"ujarnya. www.banjarmasinpost.co.id/faturahman

Penulis: Fathurahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved