Berita Tanahlaut

NEWSVIDEO - Polisi Bekali 1.314 Petugas Ketertiban TPS, Ini Tujuannya

Sebanyak 1.314 petugas ketertiban atau Gastib mendapat pembekalan dan pelatihan dari aparat kepolisian

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Sebanyak 1.314 petugas ketertiban atau Gastib mendapat pembekalan dan pelatihan dari aparat kepolisian di Aula Kantor Kecamatan se Kabupaten Tanahlaut, Selasa (19/6/2018).

Informasi dihimpun reporter Banjarmasinpost.co.id, angka 1.314 Gastib itu sesuai jumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang ditetapkan KPU Kabupaten Tanahlaut, yaitu sebanyak 657 TPS.

Seorang Gastib di TPS Desa Guntung Besar, Iduf Aliansyah mengaku di desanya hanya ada satu TPS. Jumlah pemilihnya sekitar 200 pemilih. Jumlah pemilih itu berkurang dibanding pemilih saat Pilkada Gubernur Kalsel 2015 lalu.

"Saya sudah sering bertugas sebagai petugas ketertiban di TPS. Saya sudah mengenal dan hafal warga yang memilih di TPS kami. Kerawanan seperti yang digambarkan itu tidak mungkin terjadi," katanya.

Baca: Prediksi Skor Rusia vs Mesir Grup A Piala Dunia 2018 Live Trans TV Malam Ini

Pantauan di Aula Kantor Kecamatan Pelaihari, sekitar 304 Gastib TPS dibekali tiga perwira polri di lingkungan Polres Tanahlaut, yaitu Kasat Tahanan dan Barangbukti Iptu Didik, Kaurbinops Satsabhara, Ipda Brilianto dan Kanit Intelkam Bidang Politik, Siput Cirkam.

Pelatihan itu materinya tentang bagaimana sikap atau Gastib menertibkan jika terjadi situasi tidak kondusif di lingkungan tempat pemungutan dan penghitungan suara (TPS) pada 27 Juni 2018 nanti.

Usai penyampaian materi bagaimana menyikapi situasi kamtibmas di lingkungan TPS pada 27 Juni nanti, peserta pelatihan melakukan simulasi pengamanan kotak suara.

Baca: Jadwal Siaran Langsung (Live) Trans TV Polandia vs Senegal Grup H Piala Dunia 2018, Lewandowski Main

Ipda Brilianto selaku pemateri memberikan semangat dan motivasi bahwa kotak surat suara wajib diamankan seusai pemungutan dan penghitungan suara hingga tiba di kantor PPK di Aula Kantor Kecamatan.

Tak hanya itu saja, jika terjadi gangguan selama membawa kotak suara dari TPS ke Kantor Kecamatan, Ipda Brilianto meminta paling tidak Gastib punya tiga rencana.

Tiga rencana itu apabila rencana pertama terganggu saat membawa kotak suara, maka harus dijalankan rencana dua hingga rencana ketiga meski dalam kondisi resiko babak belur sekalipun, kotak suara itu harus tiba dengan selamat.

Sementara, pelatihan Gastib juga berlangsung di Kecamatan Bajuin. Itu dipantau langsung Kapolsek Pelaihari, AKP Shofiyah sekaligus pemateri dalam pelatihan tersebut.

Baca: Jadwal MotoGP Belanda 2018 - Harapan Valentino Rossi untuk Solusi Motor Yamaha M1

Menurut AKP Shofiyah, petugas ketertiban itu yang berada di lingkungan TPS. Polisi hanya berasa diluar lingkungan TPS. Boleh masuk jika petugas ketertiban meminta bantuan.

Selama ini tidak ada kendala, jelang pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara Pilkada serentak di wilayah Kecamatan Pelaihari dan Kecamatan Bajuin, Jelas AKP Shofiyah.

Kepala Bagian Operasi Polres Tanahlaut, Kompol Fauzan Arianto seusai menghadiri rapat koordinasi di Kantor KPU Kabupaten Tanahlaut, menegaskan bahwa pelatihan Gastib di Kecamatan se Tanahlaut dalam kaitan membantu tugas Polri menjaga ketertiban selama pelaksana pemungutan dan penghitungan suara Pilkada serentak di Kabupaten Tanahlaut.

"Instruktur pelatihan merupakan perwira pilihan dan terbaik dari level Kabag, Kasat hingga Kapolsek di lingkungan Polres Tanahlaut. Harapannya petugas ketertiban nanti membantu tugas Polri dalam pengamanan," katanya. (Banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved