Berita Tanahlaut

Rapatkan Barisan Perangi Politik Uang, Panwaslu Minta Masyarakat Awasi Kinerja 3 Lembaga Ini

Jajaran pengawas pemilu di Kabupaten Tanahlaut merapatkan barisan memerangi tindak pidana politik uang dalam

Rapatkan Barisan Perangi Politik Uang, Panwaslu Minta Masyarakat Awasi Kinerja 3 Lembaga Ini
Banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid
Sebanyak 55 anggota pengawas di tingkat kecamatan se Tanahlaut dikumpulkan dan dibekali materi pengawasan tahapan masa tenang dan pungut hitung dari Bawaslu Kalsel, Polisi dan Jaksa, Jumat (22/6/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Jajaran pengawas pemilu di Kabupaten Tanahlaut merapatkan barisan memerangi tindak pidana politik uang dalam tahapan krusial, yaitu masa tenang dan pungut hitung.

Rapat koordinasi pemilihan masa tenamg dan pungut hitung itu, bertempat di aula satu hotel di Jalan KH Mansyur, Kelurahan Angsau, Kabupaten Tanahlaut, Jumat (22/6/2018) sore.

Sebanyak 55 anggota pengawas di tingkat kecamatan se Tanahlaut dikumpulkan dan dibekali materi pengawasan. Turut diundang, anggota KPU Kabupaten Tanahlaut, Tri Widoyati, perwakilan pejabat Satpol PP dan Damkar Kabupaten Tanahlaut, perwakilan pejabat Dinas Perhubungan Kabupaten Tanahlaut dan tim sukses pasangan calon peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tanahlaut.

Baca: Hasil (Skor) Akhir Brasil vs Kosta Rika di Piala Dunia 2018 - Skor 2-0, Tangisan Neymar!

Baca: Jadwal Siaran Langsung (Live) Trans TV Nigeria vs Islandia di Grup D Piala Dunia 2018 Malam Ini

Pemateri pengawasan dari Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan, Aris Mardiono, Kasat Intelkam Polres Tanahlaut, AKP Teguh Siswoyo dan Kasipidum Kejaksaan Negeri Tanahlaut, Adhya Satya Lambang Bangsawan.

Marsudi, Ketua Panwaslu Kabupaten Tanahlaut dikonfirmasi reporter Banjarmasinpost.co.id, terkait kegiatan tersebut, mengaku dalam kaitan menghadapi tahapan masa dan pungut hitung.

Selain itu, memberikan pengetahuan tentang pentingnya melakukan pengawasan terhadap praktek politik uang dalam masa tenang dan pungut hitung.

"Saya menegaskan integritas pengawas agar tidak mudah dirayu atau ikut mengambil uang jika menemukan tim sukses pasangan calon membagi uang.

Baca: Jadwal MotoGP Belanda 2018 - Keyakinan Andrea Dovizioso Masih Bisa Membalik Keadaan

Saya juga meminta agar pengawas di semua tingkatan di Kecamatan, pengawas pemilu lapangan di Desa dan Pengawas TPS melakukan penyamaran setengah intelejen untuk mengamati praktek politik uang, atau semacammya di masa tenang dan tahapan pungut hitung," katanya.

Marsudi mengaku sebelumnya kuga diundang dalam rapat koordinasi di lingkungan Polres Tanahlaut terkait masa tenang dan tahapan pungut hitung di Aula Satya Brata Polres Tanahlaut.

"Di Polres Tanahlaut saya menyampaikan agar masyarakat dan polisi mengawasi kimerja jajaran Panwaslu Kabupaten Tanahlaut di tingkat kecamatan, desa dan Pengawas TPS," katanya.

Marsudi tidak segan menindak tegas jajarannya di tingkat bawah, apabila publik menemukan jajaran panwascam, pengawas pemilu lapangan dan pengawas TPS tidak berintegritas atau terbujuk rayuan tim sukses pasangan calon ikut terlibat menerima uang.

"Saya minta masyarakat turut aktif mengawasi kinerja Panwaslu di tingkat kecamatan dan desa. Apabila melihat menerima uang dari tim sukses misalnya, agar melapor kepada Panwaslu Kabupaten Tanahlaut," katanya. (Banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid)

Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved