Pilkada Serentak 2018

KPU Tanahlaut Umumkan Hasil Hitung Cepat, Kapolres Imbau Pendukung Tak Lakukan Ini

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanahlaut mengumumkan hasil hitung cepat yang rilis dari website resmi KPU Pusat

KPU Tanahlaut Umumkan Hasil Hitung Cepat, Kapolres Imbau Pendukung Tak Lakukan Ini
Banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid
Sejumlah staf di Kantor KPU Kabupaten Tanahlaut memasang perolehan suara versi hasil hitung cepat di papan informasi, Kamis (28/6/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanahlaut mengumumkan hasil hitung cepat yang rilis dari website resmi KPU Pusat, Kamis (28/6/2018).

Mantan anggota KPU Kabupaten Tanahlaut, Trias Handoyo mengatakan hasil hitung cepat itu berdasarkan entri formulir model C1 yang dikirimkan ke KPU Pusat untuk data agar diketahui publik.

"Dipublikasikan sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Tanahlaut untuk mengetahui hasil Pilkada serentak pada 27 Juni 2018 ini secara cepat dan transparan di wilayah yang menyelenggarakan Pilkada," katanya.

Menurut Trias, hasil hitung cepat itu merupakan hasil sementara dan tidak bersifat final. Jika terdapat kesalahan pada model C1 akan dilakukan perbaikan pada proses rekapitulasi ditingkat PPK.

Baca: Live Trans TV! Live Streaming Jepang vs Polandia di Piala Dunia 2018 Bisa Ditonton dengan Cara Ini

Pantauan reporter Banjarmasinpost.co.id, di papan informasi KPU Kabupaten Tanahlaut, dari 657 TPS, sudah 100 persen, entry model C1 dikirim. KPU Pusat menyatakan pasangan Sukamta dan Abdirahman, perolehan suaranya 107.799 suara atau 62.30 persen dan pasangan Bambang Alamsyah dan Ahmad Nizar, perolehan suaranya 65.220 suara atau 37.70 persen.

Sementara itu, Kapolres Tanahlaut AKBP Sentot Adi Dharmawan mengimbau agar pasangan calon peserta Pilkada serentak yang unggul versi hitung cepat tidak perlu eforia berlebihan.

"Silakan bersyukur dengan melakukan sujud syukur dan tidak perlu pengerahan massa yang dapat memicu situasi yang sudah kondusif," katanya.

Sebaliknya, ujar Kapolres Tanahlaut AKBP Sentot Adi Dharmawan, bagi pasangan calon yang kalah dan komplain dengan proses Pilkada ada saluran untuk mengadukan.

Baca: Pasangan H Norhasani-H Eddyan Noor Idur Mengaku Temukan Sejumlah Kejanggalan

Calon Wakil Bupati Tanahlaut nomor urut 2, Abdirahman dikonfirmasi reporter Banjarmasinpost.co.id, mengaku sudah meredam semangat simpatisan dan relawannya agar tidak perlu bersorak.

Menurut Abdirahman, kemenangan yang diraih versi hitung cepat KPU Pusat itu merupakan kemenangan rakyat Tanahlaut.

Saat ini, kata Abdirahman, jalinan silaturahmi pasca Pilkada ini semakin diperkuat untuk bersama membangun Kabupaten Tanahlaut.

"Saya sedang melaksanakan program tablik iktikaf di masjid. Sebagai karkun sudah saya sampaikan bersama pak Kamta kepada relawan dan simpatisan agar memperkuat silaturrahmi," ujarnya. (Banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved