VIDEO: Penampilan Apik Tim HSS Hingga Memenangi Festival Olahraga Galian Daerah Kalsel 2018

Event Olahraga daerah berlabel Festival Olahraga Galian Daerah Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) 2018, telah digelar di halaman

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Event Olahraga daerah berlabel Festival Olahraga Galian Daerah Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) 2018, telah digelar di halaman eks kantor gubernur Kalsel, Sabtu (30/6/2018).

Tim Hulu Sungai Selatan (HSS) yang tampil sebagai peserta pertama, dinobatkan menjadi jawara pada festival ini.

Gerakan yang ditampilkan bertema Bakacipik Bakacabau Mencari Ikan yang ditampilkan sekitar 10 menit.

Atas hasil ini, tim HSS menjadi wakil Kalsel di ajang Festival Olahraga Galian Daerah Tingkat Nasional 2018, di Jambi 6-9 Juli nanti.

Sebelum berlomba di Jambi, HSS harus menjalani program TC yang diberikan oleh Dispora Kalsel di Banjarmasin selama tiga hari.

Selain HSS, ada lima tim lainnya yang turut serta. Yakni tim Kotabaru yang menampilkan gerakan bertema Titi Tali Suku Sama, berhasil meraih posisi runner up, kemudian juara tiga disabet tim Tanbu yang menampilkan gerakan bertema Peresean.

Selain itu, tiga tim lainnya yaitu tim Formi Kalsel menampilkan tema Mahuan Anak, kemudian tim Banjarmasin menampilkan tema pembatangan, dan tim Batola menampilkan Pacuan Upih.

Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora Kalsel, Yuyu Rahmad Mulyana mengatakan, olahraga galian daerah ini merupakan olahraga warisan leluhur yang coba dimunculkan kembali saat ini.

"Menggali olahraga leluhur yang sudah ataupun direkayasa kembali sehingga menjadi unsur gerak, seni, budaya, dan pendidikan," terangnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Ia pun berharap tim HSS yang mewakili Kalsel dapat tampil maksimal dan menjadi juara di festival tingkat nasional. (Banjarmasinpost.co.id/Burhani Yunus/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved