Berita hoax

Beredar Capture Portal Banjarmasin Post Palsu Tentang Pernyataan Ketua PPP, Musyafi: Itu Hoax

Beredar Capture Portal Banjarmasin Post Palsu Tentang Pernyataan Ketua PPP, Musyafi: Itu Hoax

Beredar Capture Portal Banjarmasin Post Palsu Tentang Pernyataan Ketua PPP, Musyafi: Itu Hoax
capture facebook dan twitter
Capture berita hoax atau palsu yang mengatasnamakan banjarmasin post yang beredar di facebook dan twitter. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sebuah capture berita online dengan fokus pernyataan Ketua Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Romahurmuziy atau Romy, beredar di sosial media Facebook dan Twitter.

Pernyataan Romy pada capture tersebut terkait kebijakan kenaikkan harga bahan bakar minyak (BBM).

Penelusuran Banjarmasinpost.co.id Senin (2/7/2018), pada bagian judul tertulis: Romy:”Yang naikan harga BBM itu SPBU jangan salahkan Presiden yang cinta rakyat”.

Sementara pada bagian pojok kiri capture foto itu tertulis Banjarmasin Post yang bagian atas huruf (logo) terpotong, namun masih bisa terbaca seolah-olah berita itu dicapture dari portal Banjarmasinpost.co.id (banjarmasin.tribunnews.com).

Baca: Head to Head & Prediksi Skor Brazil vs Meksiko 16 Besar Piala Dunia 2018 Live TransTV, Neymar Main

Pada bagian bawah judul capture tersebut samar terlihat date line, yang menandakan berita itu diunggah pada 1 Juli 2018.

Capture itu menyebar dari satu akun sosmed ke akun sosmed lain.

Informasi atau berita dan capture tersebut bisa dipastikan adalah hoax dan menyesatkan.

Pasalnya, Banjarmasinpost.co.id tak pernah menulis dan mengunggah konten tersebut.

Pemimpin Redaksi Banjarmasin Post Group Musyafi menegaskan, capture tersebut tidaklah benar berasal dari portal banjarmasinpost.co.id. karena itu, pihaknya tidak bertangggungjawab atas kebenaran atau kesalahan informasi dalam capture itu.

Untuk memastikannya, Musyafi meminta semua pihak yang mempercayai atau tidak mempercayai capture tersebut untuk mengecek keberadaan berita yang dimaksud pembuat hoax, pada indeks berita di portal banjarmasinpost.co.id dan atau di google.

“Ada pihak-pihak yang membuat seolah-olah capture tersebut berita kami dengan memiripkan tata wajah page dan memasang logo kami pada page tersebut,” ujar Musyafi.

Musyafi menegaskan, kepada pihak-pihak yang menyebarkan capture palsu tersebut agar segera menarik atau mengklarifikasinya agar tidak merugikan banyak pihak, termasuk banjarmasin post.

“Selama ini, Banjarmasinpost.co.id selalu membuat konten yang dapat dipertangggungjawabkan secara jurnalistik dan hukum,” kata Musyafi.

Baca: Jadwal Pendaftaran CPNS 2018 - BKN Ingatkan 3 Kesalahan Peserta CPNS, Tunggu Pengumumannya

Dia mengatakan, masih mempertimbangkan untuk mengambil langkah hukum atas capture hoax yang beredar di sosial media itu.

Musyafi juga meminta, agar siapa saja tidak melakukan upaya fitnah terhadap banjarmasin post, baik dengan cara capture sebagaimana yang saat ini terjadi, atau dengan mencatut nama banjarmasin post dalam berbagai bentuknya.  (Banjarmasinpost.co.id/royan naimi)

Penulis: Royan Naimi
Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved