Berita Banjarmasin

Ini Alasan SMPN 28 Kemuning Sepi Pendaftar Meski Sudah 3 Hari PPDB Online

Dibanding sebelumnya, sekolah tersebut dikatakan oleh Bendahara BOS SMPN 28 Kemuning, Siti Ridawati, semua ruangan belajar penuh.

Ini Alasan SMPN 28 Kemuning Sepi Pendaftar Meski Sudah 3 Hari PPDB Online
Isti Rohayanti
SMPN 28 Kemuning, Jalan Kelayan A, Gang Dahlia, Banjarmasin Selatan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN- Dua tahun berjalan, semenjak PPDB Online digelar, namun SMPN 28 Kemuning, Jalan Kelayan A, Gang Dahlia, Banjarmasin Selatan mengalami kekurangan siswa.

Dibanding sebelumnya, sekolah tersebut dikatakan oleh Bendahara BOS SMPN 28 Kemuning, Siti Ridawati, semua ruangan belajar penuh.

Namun kini, semenjak dua tahun lalu, ada ruangan tidak terisi karena tidak adanya siswa. Terlebih tahun ini pun ia mengatakan terancam lima ruang belajar malah mubazir karena tidak berfungsi. Hal itu disebabkan kurangnya minat siswa pada sekolah negeri.

Baca: Jadwal Pendaftaran CPNS 2018, Ini Bocoran Soal Seleksi CPNS 2018, Dijamin Bukan HOAX

"Kebanyakan warga disini memilih memasukan anaknya ke pesantren, tsanawiyah, madrasah. Para orangtua ingin agar anaknya belajar agama lebih mendalam," jelas Rida, Rabu (4/7/2018).

Baca: Jadwal Live Trans7 Hari Kedua Indonesia Open 2018, Rabu (4/7) - Marcus/Kevin vs Ahsan/Hendra

Diakuinya, kawasan tersebut memang termasuk zona rawan. Khususnya pada pengaruh negatif obat-obatan. Bahkan termasuk adanya penjualan obat.

Baca: Gaji ke 13 Mulai Disalurkan, Ini Besaran Gaji ke 13 Untuk ASN, Polri, TNI, dan Pensiunan

"Pokoknya di sini rawan. Jadi banyak dari orang tua siswa yang menyekolahkan anaknya ke agama terutama tentang penggunaan handphone," ungkap Rida.

Mengingat hal tersebut, ia mengatakan cukup berpengaruh pada jumlah siswa. Termasuk adanya pendaftaran sistem PPDB online.

Terlebih pada tiga hari PPDB online berjalan, hanya 29 calon siswa yang mendaftar di sekolah tersebut. Selain itu awalnya dikatakan Rida pihaknya membuka delapan ruang kelas untuk siswa baru. Namun melihat keadaan yang terjadi, dapat tiga kelas pun pihaknya merasa bersyukur.

Bahkan rencananya, Rida mengatakan akan membuka pendaftaran hingga kuota tiga kelas terpenuhi. Meski PPDB online telah berakhir nantinya.

(Banjarmasinpost.co.id/ Isti Rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved