Fenomena Penyalahgunaan Obat

Ternyata Obat Itu adalah Obat Maag, Ini Bahayanya Bagi Wanita Hamil dan Menyusui

GUSTI Maulita Indriyana, Kasi Layanan Informasi Konsumen Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Banjarmasin, mengatakan

Ternyata Obat Itu adalah Obat Maag, Ini Bahayanya Bagi Wanita Hamil dan Menyusui
BPost Cetak
bpost

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - GUSTI Maulita Indriyana, Kasi Layanan Informasi Konsumen Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Banjarmasin, mengatakan, kegunaan Mis sebagai obat maag.

“Obat itu untuk mencegah dan mengobati tukak lambung, serta dapat juga mencegah terjadinya tukak pada usus halus,” jelas dia dihubungi pekan tadi.

Yang jelas, sebut dia, obat maag itu termasuk obat keras yang penggunaannya harus di bawah pengawasan dokter, dan dijual di sarana distribusi yang legal seperti apotek dan rumah sakit.

Baca: Fakta-fakta Gerhana Bulan Total Terlama Abad 21, Juga Bisa Dilihat 3 Peristiwa Langit Lainnya

Kata Maulita, merek dagang obat dengan kandungan zat berkhasiat Mis di antaranya Gas dan Cyt yang telah terdaftar di BPOM sebagai obat maag.

Mis hanya dikonsumsi untuk orang dewasa dan dikontraindikasikan bagi wanita hamil.

Baca: Jadwal Pendaftaran CPNS 2018 - Ini Tips dan Cara Jitu Lulus Tes Seleksi CPNS 2018

“Obat-obat itu tidak boleh dikonsumsi oleh wanita hamil, berencana hamil ataupun wanita menyusui,” ucapnya.

Namun, dia mengakui tidak jarang Gas dan Cyt disalahgunakan karena maag itu memiliki efek samping dapat menggugurkan kandungan, kelahiran prematur dan kecacatan pada bayi.

Baca: Miris, Seks Bebas Dianggap Biasa, Hamil di Luar Nikah Tinggal Konsumsi Obat Ini

Maulita mengimbau masyarakat lebih berhati-hati di media online karena banyak tersedia informasi menyesatkan tentang penyalahgunaan Gas dan Cyt.

“Obat maag yang disalahgunakan sebagai obat aborsi memiliki efek sangat membahayakan kesehatan bahkan dapat mengancam jiwa yang mengonsumsinya,” Maulita mengingatkan.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved