B Focus Banua Anam

Sebelum Ada Program ODF, Begini Kebiasaan BAB di Masyarakat Desa di Tabalong

Bagaimana dengan kendala saat melaksanakan ODF? Taufiqurrahman mengatakan, yang paling diperhatikan adalah partisipasi masyarakatnya

Sebelum Ada Program ODF, Begini Kebiasaan BAB di Masyarakat Desa di Tabalong
BPost Cetak
bpost

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Bagaimana dengan kendala saat melaksanakan ODF? Taufiqurrahman mengatakan, yang paling diperhatikan adalah partisipasi masyarakatnya karena pemerintah hanya memfasilitasi.

"Memang kalau dari perilaku macam-macam, contohnya ada punya jamban pribadi tapi pembuangan malah ke sungai tidak pakai septictank. Jadi sama saja bohong," katanya.

Baca: Hari Ini Pengumuman Hasil Ujian Tulis (Utul) UGM 2018 Jalur Mandiri, Klik Situs um.ugm.ac.id/admisi

Baca: Heboh Pernikahan Dini di Tapin, Ini Hukum Pernikahan Dini dalam Islam Menurut Buya Yahya

Sedangkan dari sisi kebiasaan, untuk di Tabalong tidak hanya melakukan di sungai, tapi juga ada yang di lahan kering seperti kebun dan pekarangan.

Baca: Jadwal Pendaftatan CPNS 2018, Mau Lulus Tes SKD & SKB? Pelajari Hal Mudah Ini

Ini semua terjadi akibat tidak adanya fasilitas sanitasi yang sehat dan juga tidak adanya dukungan fasilitas air bersih.

Baca: Lowongan Kerja Dibuka PT KAI, Info Lengkap, Persyaratan dan Linknya di Sini, Bisa Lulusan SMA

"Sama juga bohong kalau WC ada tapi air bersih tidak ada. Makanya ini harus sejalan dan karena itulah kita menggandeng pamsimas," jelasnya.

Dengan apa yang telah dilakukan ini maka diharapkan ODF di Tabalong bisa berjalan sesuai rencana sehingga akan berdampak meningkatnya derajat kesehatan masyarakat dan bisa menyelamatkan Sungai Tabalong.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved