Rentenir Berkedok Koperasi

Mengurangi Menjamurnya Koperasi Harian dengan Bunga Tinggi, BRI Berikan Kemudahan ini

MENGHADAPI aktivitas praktik rentenir kepada para pelaku usaha kecil, berbagai upaya dilakukan bank konvensional agar bisa membantu nasabahnya.

Mengurangi Menjamurnya Koperasi Harian dengan Bunga Tinggi, BRI Berikan Kemudahan ini
BPost Cetak
bpost

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - MENGHADAPI aktivitas praktik rentenir kepada para pelaku usaha kecil, berbagai upaya dilakukan bank konvensional agar bisa membantu nasabahnya.

Seperti dijelaskan Yunaidi, Asisten Manajer Bisnis Mikro Bank BRI Samudra, saat ini pihaknya --khususnya bagian mikro Bank BRI Banjarmasin-- sangat konsen membantu masyarakat, khususnya pelaku UMKM.

Dia menampik kalau ada anggapan teras keliling (terling) Bank BRI kini keberadaannya tergerus oleh koperasi harian.

Baca: Iis Dahlia Usir Peserta KDI, Pihak KDI Buka Suara, Komentar Juri Bertujuan Baik

Yunaidi berujar, pihaknya kini lebih memaksimalkan SDM seperti mantri dan petugas PUS yang langsung mendatangi nasabah ke lapangan dan mengedukasi.

"Terling saat ini kami fokuskan untuk kegiatan pick-up maupun event tertentu. Alhamdullilah calon peminjam selalu ada, namun kami langsung jemput bola," jelasnya.

Dia berujar, pihaknya sebetulnya sangat ingin sekali mengurangi pertumbuhan koperasi harian yang menjamur dengan suku bunga yang tinggi di tengah masyarakat.

Baca: Lamaran Baim Wong dan Paula Verhoeven, Loh Baim Tak Mau Lepas Jabatan Presiden Jomblo

Di antaranya selain memberikan kecepatan pelayanan kredit mikro, yang menggunakan aplikasi kredit berbasis online, BRIsPOT.

Pekerja BRI bagian Lini Kredit Mikro sudah bisa memproses kredit menggunakan handphone.

"Proses kredit melalui aplikasi ini mudah, cepat dan akurat , dan bisa langsung meng-approve pinjaman, meski petugas berada di lapangan. Jadi dalam hitungan jam kredit bisa cair apabila persyaratan lengkap," jelasnya.

Selain itu, Yunaidi menampik bila anggapan masyarakat proses pinjaman di bank ruwet.

Baca: Gerhana Bulan Total Super Blood Moon 28 Juli 2018, Ini 7 Fenomena Langit yang Juga Akan Terjadi

Padahal, persyaratan wajib yang harus dilengkapi nasabah di antaranya KTP suami istri, surat keterangan usaha, dan kartu keluarga.

"Untuk suku bunga kami biasa menyesuaikan kondisi di lapangan. Bagi yang belum bankable kita arahkan ke KuR dengan suku bunga 7% per tahun efektif. Dan yang sudah bankable kami berikan Kupedes Komersial dengan suku bunga 0.9 -1 % perbulan," jelasnya.

Yunaidi berharap keberadaan BRI saat ini di masyarakat dapat mengurangi menjamurnya koperasi harian.

Terlebih dengan proses mengakses perbankan yang mudah, dapat membantu pelaku UMKM.

"Plafon Mikro yang dilayani di BRI Unit sampai dengan Rp 200 juta.
Saat ini untuk Teras difokuskan Teras Pasar yang tetap, dan setiap hari petugas mobile untuk mendatangi nasabah-nasabah ke pasar," pungkasnya.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved