Pileg 2019

Jelang Pileg 2019 - PSI, Hanura, PKPI dan 3 Partai Lain Diprediksi Tak Lolos ke DPR Kata Survei LSI

Hasilnya, jika pemilu dilakukan saat survei dilakukan, sejumlah partai tidak lolos ambang batas parelemen

Jelang Pileg 2019 - PSI, Hanura, PKPI dan 3 Partai Lain Diprediksi Tak Lolos ke DPR Kata Survei LSI
net
ilustrasi pemilu 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Sebanyak enam partai politik disebut tak lolos ke DPR karena tidak sampai 4 persen perolehan suaranya.

Hasil ini diungkapkan hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA yang dirilis terkait elektabilitas partai politik anggota Pemilu 2019.

Hasilnya, jika pemilu dilakukan saat survei dilakukan, sejumlah partai tidak lolos ambang batas parelemen sebesar 4 persen.

Peneliti LSI Denny JA Rully Akbar menyebutkan, ada enam partai politik yang diprediksi tidak lolos ke DPR, yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Garuda, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Partai Berkarya.

Baca: Langkah Selanjutnya Gerindra-Demokrat Usai Pertemuan Prabowo dan SBY Jelang Pilpres 2019

"Berdasarkan survei, ada enam partai politik yang nasibnya itu diprediksi nol koma. Hasil mereka dalam survei ini, meskipun sudah ditambah dengan margin of error (2,8 persen), tetap tidak memenuhi parliamentary threshold sebesar 4 persen," ujar Rully di Kantor LSI Denny JA, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (25/7/2018).

"Enam partai itu, yakni PSI dipilih 0,6 persen responden, Partai Garuda dipilih 0,4 persen responden, Hanura dipilih 0,2 persen responden dan PBB, PKPI serta Berkarya masing-masing dipilih 0,1 persen responden," lanjut dia.
Hasil survei lainnya, ada empat partai politik yang rentan tidak lolos ke DPR, yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang dipilih 3,8 persen responden, Partai Persatuan Indonesia (Perindo) yang dipilih 3,1 persen responden.

Kemudian, Partai Nasional Demokrat (Nasdem) yang dipilih 3,0 persen responden dan Partai Amanat Nasional (PAN) yang dipilih 2,1 persen responden.

Baca: Niat dan Tata Cara Sholat Gerhana Bulan - Jelang Gerhana Bulan Total 28 Juli 2018

"Meskipun elektabilitasnya masih di bawah 4 persen, tapi apabila ditambah margin of error 2,8 persen, empat partai ini masih mungkin lolos parliamentary threshold empat persen," ujar Rully.

Sementara itu, ada tiga partai politik yang diprediksi dapat meningkatkan elektabilitasnya pada Pileg 2019, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang dipilih 7,2 persen responden, Partai Demokrat yang dipilih 5,4 persen responden dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang dipilih 4,3 persen responden.

"Suara pada tiga partai politik ini sangat bisa meningkat, khususnya apabila sudah mulai terasosiasi dengan calon presiden yang kuat dan program yang populer," lanjut Rully.

Baca: Sebelum Pendaftaran CPNS 2018 di Akhir Juli, Ini Simulasi CAT BKN: Cara Daftar dan Soal Latihan CPNS

Berdasarkan hasil survei, ada tiga partai politik yang paling potensial jadi pemenang Pileg 2019. Parpol tersebut, yakni PDI Perjuangan yang dipilih 22,1 persen responden, Partai Golkar yang dipilih 15,8 persen responden dan Partai Gerindra yang dipilih 15,2 persen responden.

Survei kali ini melibatkan 1.200 responden yang dipilih berdasarkan multistage random sampling dengan margin of error sebesar 2,9 persen. Survei yang dibiayai oleh LSI Denny JA sendiri itu dilaksanakan dengan wawancara tatap muka pada tanggal 29 hingga 5 Juli 2018.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Survei LSI: 6 Parpol Tak Lolos ke DPR, 4 Parpol Terancam",

Editor: Murhan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved