Internasional

Berlian Langka Senilai Rp 289 Miliar yang Dicuri di Dubai Ditemukan di Kapal Kargo

Polisi Dubai menemukan berlian biru tersebut di sebuah kapal kargo yang menuju Sri Lanka.

Berlian Langka Senilai Rp 289 Miliar yang Dicuri di Dubai Ditemukan di Kapal Kargo
(GULF NEWS / DUBAI POLICE)
Berlian biru langka bernilai 20 juta dolar ataun sekitar Rp 289 miliar yang akhirnya dapat kembali ditemukan setelah sempat dicuri di Dubai.(GULF NEWS / DUBAI POLICE) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, DUBAI - Kasus pencurian sebuah berlian biru langka senilai 20 juta dolar (sekitar Rp 289 miliar) telah dapat diungkapkan oleh kepolisian Dubai.

Dilansir Kompas.com dari Gulf News, polisi Dubai menemukan berlian biru tersebut di sebuah kapal kargo yang menuju Sri Lanka.

Berlian ditemukan disimpan dalam sebuah kotak sepatu. Diungkapkan petugas pada Rabu (25/7/2018), kasus pencurian tersebut terjadi pada 25 Mei lalu di sebuah perusahaan yang berlokasi di Dubai.

Kepolisian berhasil mengungkap kasus pencurian berlian ini setelah tim penyelidik yang menganalisis rekaman CCTV dan menginterogasi lebih dari 100 orang.

Tersangka pencurian adalah seorang petugas keamanan yang bekerja pada sebuah perusahaan pengiriman uang. Tersangka telah ditangkap di Uni Emirat Arab (UEA).

Baca: Persib Juara Paruh Musim! Hasil Persebaya vs Persib di Laga Tunda Liga 1 2018 - Skor Akhir 3-4

Berdasar pengakuan tersangka, setelah dapat mengeluarkan berlian tersebut dari tempat penyimpanan, dia menyerahkannya kepada kerabatnya yang akan menyelundupkannya ke luar negeri.

"Pelaku pencurian telah menyembunyikan berlian tersebut dalam kotak sepatu dan menyerahkannya ke kerabatnya yang akan menuju Sri Lanka menggunakan kapal," kata Wakil Direktur Investigasi Kriminal Kepolisian Dubai, Kolonel Mohammed Aqil Ahli kepada media setempat.

Berlian tersebut ditemukan setelah petugas menggeledah kapal kargo yang ditumpangi kerabat pelaku. Pemilik berlian langka tersebut tidak diungkapkan.

Tim investigasi telah menganalisa rekaman CCTV sepanjang 8.620 jam dan menginterogasi 120 orang sebelum akhirnya dapat mengarah pada tersangka.

Baca: Gerhana Bulan Total Super Blue Blood Moon 28 Juli, Kemenag Ajak Umat Sholat Khusuf, Ini Tata Caranya

"Pelaku merencanakan aksinya selama 14 hari dan menyelundupkan berlian ke luar UEA dengan dibantu kerabatnya," tambah Kolonel Ahli.

"Setelah mendapatkan berlian tersebut dia bersembunyi dan memutus komunikasi dengan rekan dan semua kerabatnya sebelum pergi ke negaranya. Latar belajang sebagai petugas keamanan membantunya mencuri berlian tersebut," lanjut dia.

Namun berkat penyelidik yang menggunakan sistem kecerdasan buatan dan teknologi canggih, tersangka dapat diidentifikasi.

(Penulis : Agni Vidya Perdana/KOMPAS)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Polisi Dubai Ungkap Kasus Pencurian Berlian Langka Senilai Rp 289 Miliar"

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved