Ekonomi dan Bisnis

Bank Indonesia Kalsel Luncurkan GPN, Begi Kemeriahan Acara Peluncurannya

Kegiatan yang diselenggarakan pada Minggu (29/7/2018) pagi, bertempat di lapangan parkir kantor Bank Indonesia (BI)

Bank Indonesia Kalsel Luncurkan GPN, Begi Kemeriahan Acara Peluncurannya
muhammad maulana
Acara peluncuran GPN di Kantor Bank Indonesia Kalsel, Minggu (29/7/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sebagai bagian dari transisi layanan sistem pembayaran melalui Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan bekerjasama dengan Badan Musyawarah Perbankan Daerah Kalimantan Selatan (KPw BI Provinsi Kalsel) menyelenggarakan kegiatan kick off Pekan GPN dan Layanan Perbankan.

Kegiatan yang diselenggarakan pada Minggu (29/7/2018) pagi, bertempat di lapangan parkir kantor Bank Indonesia (BI). Kegiatan ini dihadiri oleh HG (P) Rusdi Effendi AR, Walikota Ibnu Sina, dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan insan perbankan di Kalsel.

Baca: Rekrutmen CPNS 2018: Pelamar S1 Wajib Setor Surat Keterangan Akreditasi BAN PT, SSCN.BKN.GO.ID

Dalam sambutannya, Herawanto, Kepala KPw BI Kalsel menyampaikan bahwa GPN merupakan perwujudan sistem pembayaran yang efektif dan efisien.

"Dengan GPN, seluruh proses pembayaran diproses di dalam negeri sehingga efektivitas akan tercapai dan perlindungan terhadap konsumen pemakainya lebih terjamin" ujar Herawanto dalam siaran pers yang diterima banjarmasinpost.co.id

Gubernur Kalsel yang diwakili oleh Asisten Bidang Pembangunan H Siswansyah menegaskan bahwa masyarakat Kalsel akan mendukung penuh GPN ini. "Sebagai bagian dari Bangsa Indonesia, masyarakat Kalsel tentu akan berkontribusi besar terhadap kesuksesan GPN ini." Ungkap Siswansyah.

Baca: Jadwal Liga 1 Minggu 29 Juli 2018 - Sriwijaya FC vs Borneo FC Live Indosiar, Persela vs Persipura

Bank Indonesia meluncurkan Gerbang GPN sebagai wujud interkoneksi (saling terhubung) antar switching dan interoperabilitas (saling dapat dioperasikan) sistem pembayaran nasional.

Terdapat tiga sasaran utama implementasi GPN yaitu pertama, menciptakan ekosistem sistem pembayaran yang saling interkoneksi, interoperabilitas dan mampu melaksanakan pemrosesan transaksi yang mencakup otorisasi, kliring dan setelmen secara domestik.

Kedua, meningkatkan perlindungan konsumen antara lain melalui pengamanan data transaksi nasabah dalam setiap transaksi.

Dan ketiga, meyakinkan ketersediaan dan integritas data transaksi sistem pembayaran nasional guna mendukung efektivitas transmisi kebijakan moneter, efisiensi intermediasi dan resiliensi sistem keuangan.

(Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Maulana)

Penulis: M Maulana
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved