LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan

LLDIKTI Wilayah XI akan Lakukan Peningkatan Mutu PT Kalimantan

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDkti) merupakan lembaga baru atas transformasi nama yang sebelumnya Kopertis.

LLDIKTI Wilayah XI akan Lakukan Peningkatan Mutu PT Kalimantan
Banjarmasinpost.co.id/Airul Syahrif
Kepala LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan, Prof Idiannor Mahyudin saat acara sosialisasi SISTER di Ballroom Hotel Golden Tulip Banjarmasin, Senin (30/7/2018) siang. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Beberapa hari yang lalu, Senin (26/7/2018) Prof Idiannor Mahyudin telah resmi dilantik sebagai Kepala LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan oleh Menristekdikti, Prof Mohammad Nasir, di Senayan, Jakarta Pusat. Selain itu juga dilantik, Sekretaris LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan, Dr Muhammad Akbar.

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDkti) merupakan lembaga baru atas transformasi nama yang sebelumnya adalah Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis).

Prof Idiannor Wahyudin mengatakan bahwa LLDIKTI merupakan amanah Undang Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi yang menyatakan perlu dibentuknya Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI). Lembaga ini mempunyai tugas untuk membantu peningkatan kualitas dan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi di masing-masing wilayah kerjanya.

"LLDIKTI yang telah dibentuk oleh Kemenristekdikti sebagai perpanjangan tangan pemerintah di daerah akan mempunyai tugas utama yaitu membantu meningkatkan mutu pendidikan tinggi di wilayah kerja masing-masing, dalam hal ini pulau Kalimantan akan diamanahkan kepada LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan," ucapnya pada banjarmasinpost.co.id saat ditemui di sela acara sosialisasi SISTER, di Ballroom, Hotel Golden Tulip Banjarmasin, Senin (30/7/2018) siang.

Menurutnya dengan adanya LLDIKTI, maka akan menegaskan dan menghilangkan dikotomi antara perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS), yang sebelumnya pun pelayanan atau perlakuan pemerintah terhadap PTN dan PTS adalah sama.

"Sesuai dengan Permenristekdikti Nomor 15 tahun 2018, tentang Organisasi dan Tata Kelola Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi, LLDIKTI merupakan transformasi dari Kopertis yang diamanatkan untuk melayani PTN dan PTS di wilayah kerjanya. Sehingga ini akan mempertegas bahwa, perlakuan pemerintah kepada PTN dan PTS adalah sama, baik dalam kesempatan mendapatkan hibah hibah penelitian, peningkatan mutu perguruan tinggi, dan lain-laim. Tidak ada perbedaaan dalam hal pelayanan pemerintah kepada mastarakat khususnya PTN dan PTS. Sehingga LLDIKTI akan menjadi ujung tombak dalam pelayanan kepada perguruaan tinggi," paparnya.

"Sebenarnya kalau dikatakan tugas kami semakin berat, ya bisa dikatan iya. Tapi karena ini sudah menjadi amanat undang-undang. Maka harus dilaksanakan," tuturnya.

LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan mencakup empat provinsi. Di antaranya yaitu Kalimantan Selatan, Barat, Timur, Tengah, dan Utara.

"Kami jajaran pada LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan, Kepala, Sekretaris dan beserta seluruh staf akan memposisikan sebagai pelayan. Memberikan layanan yang terbaik, efektif dan efesien adalah tugas kami. Dengan luasnya wilayah kerja kami, bukan merupakan suatu rintangan. Pemanfaatan sistem IT akan dilakukan secara Optimal, akan dilakukan inovasi IT untuk layanan kedepannya untuk peningkatan layanan kami. Tentunya layanan yang baik, efektif dan efesien akan membantu meningkatkan mutu PT se Wilayah Kalimantan," papar Prof. Idiannor Mahyudin.

Diharapkan dengan adanya LLDkti ini maka akan mempermudah urusan PTN maupun PTS dalam administrasi. "Misalnya seperti pengurusan dan penambahan Prodi baru. Ini biasanya diurus di Jakarta, dan akan memakan waktu yang cukup lama. Semoga setelah adanya lembaga baru ini, maka kepengurusannya akan dilimpahkan ke daerah. Dan semakin cepat, tidak perlu menunggu lama lagi," jelasnya pada banjarmasinpost.co.id

"Yang jelas pada prinsipnya tugas kami yaitu dibagian pelayanan. Dan nanti ada rencana untuk menambah tenaga di lembaga kami. Tentunya nanti juga dibarengi dengan peningkatan keahlian. Terutama dalam penggunakan IT, supaya lebih efektif dan efisien," tutupnya. (aol) 

Penulis:
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved