Pilpres 2019

Suket Pengganti KTP Tak Bisa untuk Menyoblos Pilpres 2019, Umur 17 Tahun Diminta Rekam E-KTP

Surat Keterangan (Suket) Pengganti KTP Tak Bisa untuk Pemilih Tambahan Pilpres 2019, Penduduk 17 Tahun Diminta Rekam E-KTP Sekarang

Suket Pengganti KTP Tak Bisa untuk Menyoblos Pilpres 2019, Umur 17 Tahun Diminta Rekam E-KTP
tribunnews.com
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Surat Keterangan (Suket) Pengganti KTP Tak Bisa untuk Pemilih Tambahan Pilpres 2019, Penduduk 17 Tahun Diminta Rekap E-KTP Sekarang.

Menurut Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh, penduduk yang sebentar lagi berusia 17 tahun, diimbau segera melakukan perekaman E-KTP.

Tujuannya agar ketika pemilihan presiden (pilpres) 2019 dan pemilihan legislatif (Pileg) 2019, mereka bisa ikut memilih.

Baca: Pendaftaran Capres-Cawapres 2019 Dibuka Besok Sabtu 4 Agustus 2018, Siapa Pendaftar Pertama?

"Jadi 16 tahun sekarang, 17 tahun di April 2019, saat sudah 17 tahun, KTP-el bisa dberikan. Tapi rekam dulu," kata Zudan di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (3/8/2018).

Menurut Zudan, sekolah bisa meminta kepada Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat untuk melakukan perekaman massal kepada siswanya yang duduk di kelas 3 SMU.

Baca: Link Pengumuman SPMB STAN 2018 Program D-I dan Pembatalan Kelulusan, Klik di Sini pknstan.ac.id

Hal itu akan menjamin pemilih pemula bisa menggunakan hak pilihnya. Masih banyak penduduk Indonesia yang memiliki KTP-el atau melakukan perekaman data KTP-el.

Zudan pada Desember 2017 mengatakan, kurang lebih ada 13 juta orang Indonesia yang belum melakukan perekaman data KTP-el.

Pada Pemilu mendatang, kata Zudan surat keterangan (suket) dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk daftar pemilih tambahan (DPTb) tak lagi bisa digunakan untuk memilih. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penduduk yang Berusia 17 Saat Pemilu 2019 Diimbau Rekam KTP-el Sekarang

Editor: Royan Naimi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved