Destinasi Wisata Pegunungan di Kotabaru

Hampang Kotabaru 'Surga' Destinasi Wisata Pegunungan, Ada Air Terjun Setinggi 100 Meter

Kecamatan Hampang misalnya. Kecamatan yang sebagian besar berpenduduk dari Suku Dayak, ini selain dikenal dengan kearifan lokalnya

Hampang Kotabaru 'Surga' Destinasi Wisata Pegunungan, Ada Air Terjun Setinggi 100 Meter
ist
Air Terjun Riam Tinggi di Kecamatan Hampang Kotabaru 

BANJARMASINPOST.CO.ID,KOTABARU - Kabupaten Kotabaru, kabupaten berjuluk Bumi Saijaan berada di ujung Tenggara, Kalimantan Selatan. Kabupaten memiliki 21 kecamatan, selain dekat dengan pesisir. Sebagian di antaranya berada di daratan Kalimantan.

Meski dengan geografis terpisah-pisah dengan kearifan lokal masing-masing. Hampir semua kecamatan di Kotabaru memiliki destinasi khas masing-masing, mulai dari religius, pantai hingga destinasi pegunungan yang masih natural.

Kecamatan Hampang misalnya. Kecamatan yang sebagian besar berpenduduk dari Suku Dayak, ini selain dikenal dengan kearifan lokalnya. Namun juga menyimpan banyak lokasi destinasi yang perlu dieksplorasi.

Baru-baru ini, ditemukan air terjun dengan ketinggian kurang lebih 100 meter. Air terjun bernama Riam Tinggi, terletak di Desa Muara Uri, Kecamatan Hampang Kotabaru.

Baca: Penjelasan Ustadz Abdul Somad Soal Cawapres Prabowo dan Dukungan Kepada Jokowi pada Pilpres 2019

Sangat setrategis, lokasi air terjun hanya berjarak berapa kilometer dari ibu kota kecamatan tersebut. Masih sangat natural dengan suasana alam di sekitarnya terdapat pepohonan besar dan rindang.

Sayang belum tereksplorasi pemerintah daerah. Dengan belum adanya infrastruktur jalan, karena hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Selain fasilitas dasar layaknya destinasi wisata pegunungan.

Farizal Muhtazi, salah satu tokoh masyarakat Hampang, membenarkan air terjun Riam Tinggi sangat pas dijadikan destinasi wisata apabila dikelola beserta kelengkapan dasarnya.

"Hanya aksesnya yang masih sulit. Ditempuh hanya berjalan kaki," kata Farizal. (banjarmasinpost.co.id/helriansyah).

Penulis: Herliansyah
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved