Berita Banjarmasin

Dosen Cantik Sebut Pendidikan Karakter Juga Penting untuk Banua

Banyak cara menghasilkan SDM yang baik san tentunya semua pihak harus berupaya semampunya membuat generasi penerus yang bagus.

Dosen Cantik Sebut Pendidikan Karakter Juga Penting untuk Banua
istimewa
Haswinda Harpriyanti

BANJARMASINPOST.CO.ID,BANJARMASIN -Dunia pendidikan sangtlah penting karena dengan pendidikan yang baik maka bisa membuat masa depan bangsa dan negara menjadi baik. Bagaimana tidak karena sumber daya manusia (SDM) yang baik tentunya menghasilkan generasi penerus juga juga handal.

Banyak cara menghasilkan SDM yang baik san tentunya semua pihak harus berupaya semampunya membuat generasi penerus yang bagus. Satu tenaga pendidik pun sumbang pemikiran.

Baca: Reaksi Aa Gym Soal Ustadz Abdul Somad Batalkan Ceramah Karena Dugaan Intimidasi

Adalah ibu muda sekaligus dosen satu perguruan tinggi swasta , Haswinda Harpriyanti. Saat berbincang dengan Insight, mengungkapkan
agar dapat menjadi perhatian penting tentang pendidikan karakter anak.

Hal ini agar dapat melahirkan generasi bangsa yang tidak hanya cerdas tetapi juga memiliki karakter yang baik. "Karena pada seyogyanya karakter merupakan cerminan dari kepribadian seseorang secara utuh. Seperti yang kita ketahui bersama tujuan pendidikan salah satunya adalah untuk menjadikan manusia cerdas dan pintar sedangkan pendidikan karakter akan menjadikan manusia menjadi baik," jelasnya.

Menurutnya menjadikan manusia cerdas dan pintar agaknya lebih mudah jika dibandingkan menjadikan manusia menjadi manusia yang baik dan bijak sehingga saat ini seringkali menjadi sorotan bahwa problem moral merupakan persoalan sulit yang mengiringi kehidupan manusia kapan saja dan dimana saja.

Baca: Jadwal Lengkap & Siaran Langsung RCTI Liga Champion 2018/2019, Reuni Cristiano Ronaldo dan Mourinho

Menurutnya, hal inilah yang menjadi tolak ukur betapa pentingnya pendidikan karakter ditanamkan sejak dini di dalam diri peserta didik dan hal ini harus dimulai dari membangun kebiasaan atau budaya pada sekolah yang tentunya harus melibatkan semua pemangku kepentingan di sekolah tanpa terkecuali misalnya pendidik, tenaga kependidikan, kepala sekolah maupun orang tua serta masyarakat sekitar.

Kemudian memberikan kebiasaan harus dimulai dari orang dewasa karena anak lebih suka meniru oleh sebab itu perlunya kerja sama yang baik dari beragai pihak agar penanaman pendidikan karakter dapat berjalan dengan baik sehingga pendidikan Indonesia akan mampu menghasilkan sumber daya yang memiliki daya saing yang tidak hanya cerdas tetapi juga mampu menempatkan diri dimana pun dalam keberagaman masyarakat Indonesia.

(banjarmasinpost.co.id/irfani rahman)

Penulis: Irfani Rahman
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved