Berita Hulu Sungai Tengah

Warga HST Tangkap Buaya Cuma Pakai Lunta, Ini Kisahnya

Seekor anak buaya berhasil ditangkap warga Desa Sumanggi Rt 08, Kecamatan Batangalai Utara, Hulu Sungai Tengah, Rabu 12 September 2018

Warga HST Tangkap Buaya Cuma Pakai Lunta, Ini Kisahnya
istimewa

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Seekor anak buaya berhasil ditangkap warga Desa Sumanggi Rt 08, Kecamatan Batangalai Utara, Hulu Sungai Tengah, Rabu 12 September 2018, sekitar pukul 09.00 wita.

Warga yang berhasil menangkap buaya tersebut adalah Radi (21) dan temannya. Mereka berhasil menaklukkan hewan  amphibi jenis reptil tersebut,  dengan cara melemparkan jala atu dalam bahasa setempat disebut lunta.

Setelah dijaring pakai lunta, ditarik kemudian mulut dan tubuhnya diikat menggunakan tali. Informasi yang dihimpun BPost, dari warga setempat sampai saat ini buaya tersebut diamankan di dalam kurungan atau kandang yang terbuat dari kayu di rumah Kades setempat.

Baca: Seorang Lelaki Ditemukan Gantung Diri di Gang Perintis Satui, Ini yang Dilakukan Polisi

Baca: Najwa Shihab Ungkap Ruang Dugem di Rutan Salemba, DJ Pun Seorang Napi

Rencananya, buaya tersebut akan dijemput pihak Balai Konservsi Alam Kalsel.

Sebelum buaya tersebut ditangkap, Senin 10 September 2018 , sekitar pukul  masyarakat setempat resah, setelah sejumlah warga menyaksikan kemunculan reptil tersebut di permukaan sungai.

Diduga  seekor buaya  muara tersebut, sedang berjemur.  Warga kemudian melaporkannya ke Polsek Batangalai Utara. Bersama warga, anggota Polsek Batara pun mendatangi lokasi.

Namun, sesampainya di sana, tidak ditemukan lagi hewan amphibi tersebut. Baru pada Rabu, Rabu, 12 September 2018 pukul. 08.00 wita, buaya kembali menampakkan diri. 

Baca: Syarat Wajib untuk Jabatan Khusus Jelang Penerimaan CPNS 2018, Pendaftaran Hanya di sscn.bkn.go.id

Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo, melalui anggota Polsek Batara, Bripka Nor Ifansyah  menjelaskan, saat itu dua warga Sumanggi, Rida dan temannya sedang memancing ikan di sungai Batang Alai.

“Sekitar pukul  09.00 wita muncul  kembali seekor buaya dengan panjang kurang lebih  satu meter di pinggir sungai tersebut. Lalu keduanya mencoba menangkap dan kemudian berhasil menangkapnya dengan menggunakan alat berupa jaring jala (lunta. Selanjutnya, buaya tersebut di amankan di salah satu rumah warga. Oleh aparat desa sumanggi kemudian melaporkan penangkapan tersebut ke Polsek Batang Alai Utara,”jelas Nor Ifansyah.

Dijelaskan, pihak Polsek sudah melakukan koordinasi dengan Unit Tipiter Polres HST, yang oleh unit Tipiter melaporkannya ke BKSD Kalsel.

Baca: Syarat Ini Harus Dipenuhi Jelang Penerimaan CPNS 2018, Pendaftaran CPNS Hanya di sscn.bkn.go.id

Sementara, meski buaya tersebut telah berhasil ditangkap, warga setempat dilaporkan masih was-was, karena diduga yang ditangkap tersebut baru anaknya.

“Diperkirakan masih ada induknya. Karena itu warga diibau hati-hati saat beraktivitas di sungai,”ungkap warga Ilung, Ali. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved