Wisata Kalteng

Pengalaman Spritual di Pertapaan Tjilik Riwut, Dapat Inspirasi Gerakan Silat dan Syair Lagu Dayak

Aroma mistis tercium dari tumpukan batu besar yang menggunung di kawasan tersebut, karena di tumpukan batu

Pengalaman Spritual di Pertapaan Tjilik Riwut, Dapat Inspirasi Gerakan Silat dan Syair Lagu Dayak
faturahman
Bukitbatu, tempat pertapaan Pahlawan Kalteng, Tjilik Riwut ini sering dikunjungi warga untuk memcari inspirasi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - WISATA Bukitbatu yang terletak di Jalan Tjilik Riwut Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, bukan hanya dikenal sebagai kawasan wisata alam semata, karena lokasi tersebut juga dikenal ada penunggunya.

Aroma mistis tercium dari tumpukan batu besar yang menggunung di kawasan tersebut, karena di tumpukan batu tersebut ada pesanggerahan yang selama ini dikenal sebagai tempat pertapaan Pejuang Kalteng Almarhum Tjilik Riwut.

Banyak Pengalaman sakral yang dirasakan warga ketika pada malam hari mengunjungi lokasi tersebut, terutama mereka yang mencari inspirasi untuk bermusik karungut atau musik dayak gerakan menari dayak hingga gerakan silat tradisional juga dilokasi tersebut.

Baca: Bermimpi Ketemu Induk Buaya, 2 Pria Ini Lepas Buaya yang Ditangkapnya di Sungai Batangalai

Novan, salah satu pengunjung di lokasi tersebut, Sabtu (15/9/2018) mengaku sering mencari inspirasi di tempat tersebut, dia datang untuk mencari nada-nada baru musik karungut hingga mencari inspirasi gerakan silat yang ditekuninya.

Baca: Keren, Desa Lasung Batu Balangan Ciptakan Ikon Baru untuk Jadi Desa Wisata

"Saya biasanya datang malam hari, karena pada malam hari inspirasinya sangat kuat, dan mudah mendapatkan inpirasi untuk gerakan silat, tarian hingga mencari nada-nada musik karungut untuk musik khas dayak Kalteng," ujar gitaris nada karungut di Resto Tjilik Riwut Palangkaraya ini, Sabtu (15/9/2018).

Baca: Temannya Ditahan dan Digigit Anjing Polisi, Mahasiswa Serbu Mapolresta Banjarmasin

Disamping terkenal sebagai suatu tempat mistis, tempat ini juga menawarkan keindahan alam dan pesona hamparan batu alam yang tersusun apik. Lokasinya, berjarak sekitar 50 km dari kota Palangkaraya atau sekitar dua jam perjalanan menggunakan kendaraan.

Berada di Bukitbatu, akan memberikan pengalaman spiritual yang mengesankan, karena berdasar cerita sejarah orang tua Tjilik Riwut yang bernama Riwut Dahiang menginginkan seorang anak laki-laki, maka ayahnya ini melakukan ritual di bukit batu tersebut.

Konon kabarnya, bertapa di bukit tersebut untuk memohon agar diberikan seorang anak laki-laki sebab setiap anak laki-lakinya lahir selalu meninggal, hingga akhirnya, dia memperoleh seorang anak laki-laki dan akan mengemban tugas khusus buat sukunya suku dayak dialah Tjilik Riwut.

(www.banjarmasinpost.co.id/faturahnan)

Penulis: Fathurahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved