Berita Hulu Sungai Tengah

Polres HST Gelar Simulasi Sispamkota, Forkominda Pun Tandatangani Mou Pemilu Damai

Ratusan personel gabungan, terdiri anggota Polres Hulu Sungai Tengah, anggota TNI dari Kodim 1002 Barabai dan Batalyon 621

Polres HST Gelar Simulasi Sispamkota, Forkominda Pun Tandatangani Mou Pemilu Damai
istimewa
Kegiatan Sispamkota di halaman Stadion Murakata, Mandingin, Barabai, HST Rabu (19/9/2018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Ratusan personel gabungan, terdiri anggota Polres Hulu Sungai Tengah, anggota TNI dari Kodim 1002 Barabai dan Batalyon 621 Manuntung serta di backup aparat dari Pemkab HST seperti Satpol PP, Taruna Siaga Bencana, dan Public Service Center 119 Murakata Dinas Kesehatan, melaksanakan Gelar Pasukan Sistem Pengamanan Wilayah Kota (SISPAMKOTA) di stadion Murakata Barabai, Mandingin, Rabu (19/9/2018).

Kegiatan tersebut dirangkai dengan simulasi pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang, dimana kesiapan aparat gabungan hingga saat ini selalu disiagakan dalam rangka mengamankan pesta demokrasi tersebut khususnya di wilayah HST.

Baca: Link sscn.bkn.go.id Pendaftaran CPNS 2018 Sempat Molor Dibuka, Pertanyakan Ini Ramai di Situs BKN

Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo, yang menjadi inspektur upacara pada kesempatan itu menegaskan, bahwa aparat TNI maupun Polri dan Pemkab HST bersama masyarakat siap mendukung pelaksanaan pemilu agar lancar, aman, tertib dan damai.

Simulasi tersebut melibatkan kurang lebih 500 aparat gabungan, dengan tema Mantap Brata Intan 2018.

Kapolres berharap, melalui apel gabungan tersebut, semua pihak mengambil perannya dalam menciptakan suasana Bumi Murakata tetap aman dan kondusif.

Baca: Panduan & Niat Puasa Asyura 10 Muharram, Kamis 20 September 2018, Lihat Keutaman Mengerjakannya

Kegiatan di halaman stadion tersebut diguyur hujan, namun para personel Polres tetap melaksanakan kegiatan simulasi.

Antara lain simulasi pembubaran massa, serta simulasi mengatasi kejahatan di jalanan.

Selanjutnya, dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) untuk sama-sama memelihara persatuan, kesatuan, ketentraman, ketertiban dan kedamaian oleh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) HST terdiri Ketua DPRD HST, Kapolres HST, Kepala Staf Kodim 1002 Barabai, Komandan Batalyon 621 Manuntung, Ketua Pengadilan Negeri Barabai, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat HST.

Baca: Panduan & Niat Puasa Asyura 10 Muharram, Kamis 20 September 2018, Lihat Keutaman Mengerjakannya

Adapun kegiatan simulasi pengamanan wilayah Barabai dan sekitarnya diperankan oleh para anggota polres, Tim Buser, dibantu Satuan Intel dari Kodim 1002 Barabai dan Yonif 621 Manuntung serta aparat Satpol PP HST dan Tagana serta PSC 119 Murakata Dinas Kesehatan.
Kapolres mengatakan simulasi tersebut sebagai gambaran kemungkinan hal yang bisa terjadi, saat para anggota bertugas di lapangan, sehingga sudah mengerti antisipasi atau tindakan apa saja yang harus dilakukan.

Sebelumnya, Polres HST melaksanakan tactical Floor Game, latihan pra operasi kepolisian terpusat Brata Intan dalam rangka Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2019 mendatang.
Kegiatan tersebut dipimpin Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo, didamping Wakapolres Kompol Sarjaini serta diikuti para Kepala Bagan Kepala Satuan, Para Kapolsek serta anggota Polres yang terlibat operasi Mantap Brata Intan 2018.

(banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved