Berita Hulu Sungai Tengah

DPRD HST Minta Pemkab Tak Lagi Ajukan KUA PPAS Mepet Waktu

Raperda APBD Perubahan 2018 telah disetujui bersama pemerintah Kabupaten HST dan DPRD Hulu Sungai Tengah

DPRD HST Minta Pemkab Tak Lagi Ajukan KUA PPAS Mepet Waktu
istimewa

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Raperda APBD Perubahan 2018 telah disetujui bersama pemerintah Kabupaten HST dan DPRD Hulu Sungai Tengah  untuk disahkan menjadi Perda, Senin 17 September 2018 lalu.

Sebelum dilakukan penandatangan, Badan Anggaran (Banggar) DPRD HST menyampaikan 13 rekomendasi, 17 September 2018 lalu.

Salah satu poin rekomendasi tersebut, adalah terkait  waktu pembahasan bagi Banggar, yang dinilai terlalu mepet dengan deadline batas akhir.

Akibatnya, tak tersedia waktu yang cukup untuk menelaah kebijakan umum anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS), sehingga pembahan tak maksimal.  

Baca: Persyaratan Wajib Daftar CPNS 2018 di Kemendikbud, Aturan & Akses sscn.bkn.go.id

Baca: Jadwal Siaran Langsung Liga 1 2018 Pekan 23 - Laga Persib vs Persija Hanya Berubah Kick Off

“Untuk masalah watu ini,kami minta Pemkab HST memenuhi langkah-langkah sesuai Surat Edaran Kemendagri. Pengajuannya tidak mendekati deadline, agar kerja kami lebih maksimal. Untuk tahun ini, masih bisa dimaklumi.

Ke depan harus dipatuhi sehingga tak terjadi pembahasan yang tergesa-gesa,”kata juri bicara Banggar DPRD HST, Abdul Rahman.

Seperti diberitakan sebelumnya, APBD Perubahan 2018  HST, hanya dibahas dalam waktu empat hari. Pemkab HST mengajukan pada Jumat 7 September dan pada Senin 10 September langsung mendapat persetujuan DPRD HST.

Menurut Abdul Rahman, 13 rekomendasi Banggar merupakan rangkaian pembahasan yang dimulai pendahuluan, kemudian proses KUA-PPAS, Pembahasan RKA RAPBD Perubahan 2018, hasil pembahasan hingga penutup.

Selain masalah waktu yang diberikan Pemkab HST, DPRD juga mengingatkan soal besarnya defisit anggaran 2018, yang menuntut Pemkab mengoptimalkan sisi pendapatan, membelanjakan dengan cermat serta efesien.

Baca: Hasil China Open 2018 : Menang Lawan Viktor Axelsen, Anthony Ginting Lolos Ke Perempat Final

Baca: Syarat Wajib Ini Harus Dipenuhi Saat Daftar CPNS 2018 di sscn.bkn.go.id, Website BKN Dibuka

Penurunan total APBD 2018, kata Abdul Rahman diharapkan tak menurunkan semangat seluruh SOPD dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya. Justru sebaliknya, harus memacu kinerja demi tercapainya tujuan pembangunan di HST sesuai target 2018.

Menurunnya dana dari pemerintah pusat, lanjut  dia jangan menjadi alasan melambatnya perkembangan pembangunan di HST. Malah harus dijadikan sebagai pemicu untuk melaksanakan program kegiatan dengan mengedepankan skala prioritas.

Juga berlandaskan kepentingan masyarakat banyak, sehingga pembangunan benar-benar menyentuh kepentingan masyarakat. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Rendy Nicko
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved