Rangkaian Harjad Kota Banjarmasin ke 492

Kesenian Bapandung Bikin Warga Banjarmasin Tertawa Geli

Tak kalah seru dan paling ditunggu penonton penampilan kesenian teater yang hampir punah, kesenian Bapandung dimainkan Abdus Syukur.

banjarmasinpost.co.id/syaiful anwar
Tarian Bagandah Nyiru dari Sanggar Seni Boedaya ULM. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Hari ketiga pagelaran Seni dan Budaya memperingati Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-492 dan Hari Keluarga Nasional Provinsi Kalsel 2018 begitu meriah dengan beragam kesenian tradisional mulai dari kesenianMadihin serta penampilan apik penyanyi cilik asal Banua Yadi di atas tongkang Siring Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kamis (20/9/2018}.

Tak kalah seru dan paling ditunggu penonton  penampilan kesenian teater yang hampir punah, kesenian Bapandung dimainkan Abdus Syukur.

Seniman berusia 51 tahun ini mengangkat cerita berjudul "Karas Kunyul-Kunyul" yang mengisahkan seorang janda memiliki anak perempuan, Leha yang tomboi.  Cerita lucu dengan gaya kocak yang ditampilkan Abdus Syukur digelaran itu, membuat penonton sesekali tertawa geli menyaksikannya.

Menurut Syukur, makna dari cerita kesenian Bapandung yang dibawakannya tersebut mengajarkan dalam hidup itu harus cerdas.

Baca: Formasi CPNS 2018 Kemnaker, Link sscn.bkn.go.id, Situs Pendaftaran CPNS 2018 Klik Disini!

Baca: BKD : Hanya 8 Honorer K2 di Lingkungan Pemko Banjarmasin yang Mungkin Jadi PNS 2018

Baca: Mental Skuat Garuda Jelang Timnas U-16 Indonesia vs Iran, Piala AFC U-16 2018 (Piala Asia U-16 2018)

"Ceritanya memang kita buat lucu dan tentu mengundang tawa. Namun, ada pelajaran yang bisa diambil dari cerita tersebut yakni hidup itu harus cerdas,"katanya.

Sebelumnya ada tarian Bagandah Nyiru dibawakan Lisa, Ais, Anggun, Kiki, Lamsi, dari Kampung Seni Budaya Universitas Lambung Mamgkurat yang kemudian berlanjut dengan penampilan Madihin oleh pemadihinan Anang Syahrani dan terakhir hiburan oleh Yadi, mantan pengamen jalanan yang sempat ikut The Voice Kid di Jakarta.
Yadi membawakan lagu Banjar Uma Abah, dan lain-lain. (banjarmasinpost.co.id/syaiful anwar)

Penulis: Syaiful Anwar
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved