Berita Kabupaten Banjar

Lima Kali WTP Berturut-turut, Kabupaten Banjar Raih Penghargaan BPK

Pemerintah Kabupaten Banjar memperoleh penghargaan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia.

Lima Kali WTP Berturut-turut, Kabupaten Banjar Raih Penghargaan BPK
istimewa
Bupati Banjar KH Khalilurrahman menerima penghargaan dari BPK RI 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA — Pemerintah Kabupaten Banjar memperoleh penghargaan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)  Republik Indonesia,  atas prestasinya mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), lima kali berturut-turut. 

Penghargaan diterima langsung oleh Bupati Banjar, H Khalilurrahman saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2018 dengan tema Pengelolaan Keuangan Negara yang Sehat untuk Indonesia Kuat yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perbe ndaharanNegara (DJPBN) di Dhanapala Auditorium, Kementerian Keuangan Jakarta Pusat, Kamis (20/09). 

Pada Rakernas kali ini, Pemerintah Pusat memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Banjar beserta 92 entitas lain termas uk sejumlah Kementerian  Negara, Lembaga Negara dan Pemerintah Provinsi, Kota serta Kabupaten.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani menyatakan bersyukur s etiap tahun pengelolaan keuangan negara dengan prinsip-prinsip tata kelola yang baik atau good governance terus mengalami perbaikan.

Baca: Formasi CPNS 2018 Kemenkeu dan Persyaratannya Bisa Diakses di Pendaftaran Online Sscn.bkn.go.id

Baca: Prediksi Susunan Pemain Timnas U-16 Indonesia vs Iran di Piala AFC U-16 2018 (Piala Asia U-16 2018)

Baca: Formasi CPNS 2018 BPK RI dan Persyaratannya Bisa Diakses di Pendaftaran Online Sscn.bkn.go.id

Baca: Hasil China Open 2018 - Kento Momota Menangi Perang Saudara Taklukkan Kenta Nishimoto

Dia mengatakan, untuk memperoleh opini WTP tersebut tidak semata-mata ditentukan oleh penyajian laporan keuangan yang memiliki kualitas dan memiliki informasi atau berkecukupan pengungkapan namun juga harus ditopang oleh efektivitas sistem Pengendalian internal yang memadai.

Sri Muyani meminta Pemerintah daerah termasuk Kabupaten Banjar makin meningkatkan kualitas laporan keuangannya.

"Pada kesempatan ini saya memberikan apresiasi penghargaan kepada seluruh Kementerian lembaga dan pemerintah daerah yang mendapatkan opini terbaik," ujarnya di hadapan para kepala daerah seluruh Indonesia. 

Dirinya meminta pimpinan lembaga dan jajarannya serta pemerintah daerah memiliki komitmen untuk terus memperbaiki tata kelola dan kualitas pengelolaan keuangan negara yang menjadi tanggung jawabnya dalam rangka, terus meningkatkan transparansi akuntabilitas penyelenggaraan pemerintah.

Pemerintah Daerah yang mendapatkan opini WTP memiliki korelasi dengan kinerja pembangunannya dengan tujuan m enunjang gerakan rakyat, meningkatkan keadilan, mengurangi kemiskinan memperbaiki kualitas sumber daya manusia, mengurangi pengangguran dan mengurangi kesenjangan.

Pemerintah Kabupaten Banjar memperoleh penghargaan karena penilaian pengelolaan keuangan nya mendapat opini WTP sejak 2013 hingga 2017. Bersama dengan Pemerintah Provinsi Kalsel, Kabupaten Balangan,  Tanah Bumbu,  Tanah Laut,  Hulu Sungai Selatan dan Kota Banjarmasin. 

Baca: BKD HSS Umumkan Formasi dan Tata Cara Pendaftaran CPNS 2018

Baca: Hasil China Open 2018 - Gregoria Mariska Melaju ke Perempat Final Usai Taklukkan Beiwen Zhang

Baca: Ini Alasan Pelatih Barito Putera Cadangkan Risky Pora saat Ditahan Imbang Bali United

Baca: Niat Puasa Ayyamul Bidh 13, 14, 15 Muharram Serta Keutamaan Bagi yang Mengamalkannya

Halaman
12
Penulis:
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved