BFOCUS ECONOMIC

Bangunan Tua Pun Disulap Jadi Rumah Makan

Memanfaatkan bangunan rumah yang sudah beridiri sejak 1928 dan masih terjaga keasliannya, suasana hangat dan klasik sangat terasa.

Bangunan Tua Pun Disulap Jadi Rumah Makan
banjarmasinpost.co.id/acm
Diberi nama Kedai Ibu, rumah makan yang satu ini sebenarnya merupakan rumah tua khas Banjar yang disulap menjadi rumah makan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Dalam dunia bisnis memanfaatkan berbagai strategi untuk menciptakan daya tarik bagi konsumen termasuk menonjolkan keunikan merupakan hal yang umum.

Cukup menarik, di tengah ramainya bisnis restoran, rumah makan dan kafe yang mengangkat konsep modern dan kekinian, ada beberapa rumah makan di Banjarmasin yang justru menonjolkan konsep zaman dulu (jadul) menjadi keunikannya.

Strategi ini ternyata cukup jitu. Konsumen yang ingin bernostalgia dengan nuansa tempo dulu, atau yang gemar berswafoto dan menguploadnya di media sosial menjadi pelanggan utama rumah makan jenis ini.

Beberapa rumah makan yang mempertahankan bangunan jadul sebagai lokasinya di Banjarmasin di antaranya Kedai Ibu di Jalan Sungai Jingah dan Rumah Sambal Acan Raja Banjar (ARB) di Jalan RE Martadinata. Kedai Ibu memanfaatkan rumah tinggal yang sebagiannya dialihfungsikan sebagai rumah makan.

Memanfaatkan bangunan rumah yang sudah beridiri sejak 1928 dan masih terjaga keasliannya, suasana hangat dan klasik sangat terasa.

Seperti diketahui, rumah khas Banjar memiliki plafon yang tinggi bahkan mencapai empat meter lebih. Begitu pula di Kedai Ibu yang dalamnya juga dilengkapi dekorasi dan ornamen tradisional yang masih asli.

Dengan jendela-jendela lebar dan tinggi mencapai hampir satu setengah meter dihiasi juga dengan kaca patri berwarna klasik hijau, merah dan biru, mengingatkan pada tren desain rumah berpuluh tahun lalu.

Lantai dari kayu ulin, lampu gantung, pajangan keramik yang digantung pada dinding juga memperkuat suasana nostalgia. Pengunjung yang datang akan disambut deretan meja-meja berkaki pendek dengan alas lampit rotan.

Apa saja yang membuat rumah makan jadul seperti ini disukai? baca beritanya di Banjarmasin Post edisi Selasa (25/9/2018). (*)

Editor: Anjar Wulandari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved