Berita Tabalong

Dua Kali Dapat Info Hoax Terkait Kebakaran, Kepala BPBD Berikan Imbauan Ini

Dua kali sudah dalam bulan ini petugas yang ingin memadamkan kebakaran dibuat kecele dengan informasi yang tidak benar.

Dua Kali Dapat Info Hoax Terkait Kebakaran, Kepala BPBD Berikan Imbauan Ini
ist
Petugas UPBS Sejajar tak bisa melanjutkan perjalanan karena harus mengganti ban saat mengejar informasi kebakaran yang ternyata kabar bohong. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG- Dua kali sudah dalam bulan ini petugas yang ingin memadamkan kebakaran dibuat kecele dengan informasi yang tidak benar.

Kejadian pertama, informasi kebakaran yang ternyata kabar tidak benar terjadi Kamis (13/9/2018) malam.

Saat itu padahal petugas gabungan sedang berjibaku memadamkan kobaran si jago merah yang membakar rumah di Desa Kemban Kuning, kecamatan Haruai.

Belum lagi tuntas, mereka dikagetkan dengan informasi yang mengatakan kebakaran di permukiman juga terjadi di Desa Kapar Hulu, kecamatan Murungpudak.

Mendapat info itu petugas gabungan berusaha secepat mungkin untuk bisa mencari lokasi kebakaran di Kapar Hulu.

Baca: Pendaftaran CPNS 2018 Jam 00.01 di Link Sscn.bkn.go.id, Cek Alur Pendaftaran di Sini

Namun perjuangan petugas gabungan mencari lokasi berakhir sia-sia karena ternyata informasi yang masuk adalah informasi bohong.

Sedangkan yang kedua terjadi, Senin (24/9/2018) sore. Petugas mendapat informasi adanya kebakaran permukiman di Desa Bajut, kecamatan Tanta.

Informasi ini dengan sigap tindaklanjuti petugas gabungan agar bisa cepat sampai ke lokasi yang dimaksud dan sesampainya di lokasi ternyata tidak ada ditemukan ada kebakaran.

Kabar bohong terkait informasi kebakaran ini tentu saja membuat repot petugas yang mau memberikan bantuan untuk memamdkan.

Baca: Petunjuk Lengkap Cari Formasi, Registrasi & Dokumen ke Link sscn.bkn.go.id Pendaftaran CPNS 2018

Bahkan satu Unit Penanggulangan Bencana Swadaya (UPBS) harus mengalami kerusakan ban saat mengejar informasi kebakaran di Desa Bajut yang ternyata hoax.

Terkait adanya dua kali informasi bohong tentang kebakaran ini, Kepala BPBD Tabalong, Alfian, yang dikonfirmasi, Selasa (25/9/2018) memberikan imbauan agar jangan sampai terjadi lagi.

Dengan menyampaikan informasi kebakaran yang tidak benar tentu saja merugikan bagikan petugas yang ingin memberikan bantuan untuk memadamkan kebakaran.

"Kasihan anggota UBPS, BPBD, damkar dan lainnya, sampai membahayakan diri di jalanan ternyata malah hoax," katanya.

Selain itu informasi hoax seperti ini juga bisa merugikan masyarakat apabila terjadi kebakaran dan dikira hanya informasi bohong. (banjarmasinpost.co.id/dony usman)

Penulis: Dony Usman
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved