Berita Kabupaten Banjar

Kebakaran Lahan Sering Terjadi, DLH Kalsel Sebut Perlu Dilakukan Tata Kelola Air Lahan Gambut

Banyak pihak yang terlibat pada penanganan tersebut. Disampaikan oleh Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran

Kebakaran Lahan Sering Terjadi, DLH Kalsel Sebut Perlu Dilakukan Tata Kelola Air Lahan Gambut
Isti Rohayanti
Pemaparan oleh pemateri pada narasumber di acara seminar pengelolaan bersama tata kelola air gambut. Pada seminar itu, sejumlah stakaholder penanganan kebakaran dan yang berhubungan tentang lingkungan dilibatkan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA- Banyaknya kebakaran lahan yang terjadi di Kabupaten Banjar membuat sejumlah pihak kerjasama dalam penanganan tersebut. Di antaranya Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar.

Banyak pihak yang terlibat pada penanganan tersebut. Disampaikan oleh Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, DLH Provinsi Kalsel, A Dadang Sugiana, sejumlah cara dan tekhnologi difungsikan untuk penanganan tata kelola air. Khususnya pada lahan gambut. Terutama di Kabupaten Banjar.

"Selama ini setiap musim kemarau sering terjadi kebakaran. Sehingga diperlukan adanya penanganan tata kelola air kawasan gambut agar menjadi lebih baik," ucap Dadang pada kegiatan seminar pengelolaan bersama tata kelola air gambut untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan Selatan, Rabu (29/9/2018).

Baca: Buruan Daftar di Link Sscn.bkn.go.id CPNS 2018, Tak Perlu Tergesa-gesa Batasnya 10 Oktober 2018

Baca: Mendaftar CPNS 2018 di Link Sscn.bkn.go.id Pakai HP, BKN Ingatkan Pelamar Pendaftaran CPNS 2018

Baca: Hasil Korea Open 2018 - Hafiz/Gloria Melaju ke Babak Kedua, Taklukkan Pasangan Taiwan

Baca: Tata Cara Registrasi & Alur Mendaftar CPNS, Link sscn.bkn.go.id, Pendaftaran CPNS 2018 di Sini!

Tentunya, sebagaimana tufoksi DLH pada umumnya, Dadang mengatakan pihaknya lebih menangani perihal lingkungan. Sehingga melalui lahan gambut, sistem air pun akan dikelola. Adapun tujuan akhirnya yakni mengurangi kebakaran yang terjadi setiap tahunnya.

Pada seminar yang berlangsung di Grand Dafam Banjarbaru, sejumlah stakeholder berhadir. Di antaranya tim satgas penanganan kebakaran dan pihak yang menangani lingkungan. Termasuk Kepala DLH Kabupaten Banjar, Ir Boyke W Triestyanto.

Boyke mengatakan, Kabupaten Banjar memiliki 11 persen lahan gambut. Terlepas dari itu, adanya keinginan DLH Kabupaten Banjar untuk mencegah kebakaran lahan, membuat pihaknya terus berupaya mendapatkan ide untuk penerapan penanganan tata kelola air di lahan gambut tersebut.

(Banjarmasinpost.co.id/ Isti Rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved