Pendaftaran CPNS 2018

Gara-gara Ini, Daftar di Sistem Penerimaan CPNS 2018 Lewat Situs Sscn.bkn.go.id, Langsung Ditolak

Pasalnya, sepintar apapun, jika di data di Forlapdikti masih berstatus mahasiswa, maka sistem penerimaan CPNS 2018 akan menolaknya.

Gara-gara Ini, Daftar di Sistem Penerimaan CPNS 2018 Lewat Situs Sscn.bkn.go.id, Langsung Ditolak
capture/BPost Edisi cetak
Harian Banjarmasin Post Edisi Cetak Kamis (27/9/2018) halaman 1 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Akses Forlap Dikti akhir-akhir ini ramai diperbincangkan terutama bagi mereka yang mau melamar menjadi CPNS 2018. Pasalnya, sepintar apapun, jika di data di Forlapdikti masih berstatus mahasiswa, maka sistem penerimaan CPNS 2018 akan menolaknya.

Terlebih adalah hari pertama pendaftaran CPNS 2018 yang dilakukan secara mandiri di laman sccn.bkn.go.id. Banyak pelamar yang kemudian mencek ulang status kemahasiswaannya di Forlapdikti dan kaget karena ternyata statusnya masih mahasiswa padahal sudah lima tahun lulus atau diwisuda.

Seperti yang dialami alumnus Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Syahbandi. Sudah lima tahun, Syahbandi ingin jadi pegawai negeri sipil melalui seleksi test CPNS 2018. Tapi selalu gagal.

Namun baru tahun ini begitu gusar lantaran setelah dia mencek status mahasiswanya di http://forlap.dikti.go.id namanya masih tertera sebagai mahasiswa aktif.

Baca: CPNS 2018, Bandi-Ayu Kaget Status Masih Aktif Kuliah, Server Forlap Kemenristekditi tak Bisa Diakses

Baca: Tak Perlu Ubah Data Daftar CPNS 2018 di Sscn.bkn.go.id, BKN Hanya Perlu No Induk & Bisa Diakses

Baca: Cara Mengatasi Gagal Daftar di sscn.bkn.go.id, Bersihkan Cache Browser Tapi Jangan Lewat Hp

"Jangan-jangan karena status itu saya tidak diterima CPNS tahun-tahun kemarin," kata lelaki itu, di temui di Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Rabu (26/9).

Lelaki yang akrab disapa Bandi itu pun terpaksa mengurusnya ke ULM, tempat dia selama lima tahun menempuh pendidikan di Fakultas Hukum.

"Setelah saya urus. Bagian administrasi di kampus saya cuma bilang maaf terlewat. Data di bagian administrai status saya sudah lulus dan bisa dicek sekarang di Forlapdikti," ucap dia kepada BPost, Rabu (26/9/2018).

Bukan hanya Bandi. Ayu, lulusan jurusan Sendratasik FKIP ULM Banjarmasin juga terancam gagal mendaftar CPNS. Pasalnya, setelah dia mencek statusnya di https://forlap.ristekdikti.go.id, namanya masih berstatus aktif (kuliah).

Formasi umum di Pemprov Kalsel maupun di Kemenag Kalsel mensyaratkan bagi pelamar untuk melampirkan fotokopi perguruan tinggi dalam negeri dan program studi terakreditasi di BAN-PT dan terdaftar di Forlap Kemenristekdikti.

Baca: Pendaftaran CPNS 2018, Tak Cuma Link Sscn.bkn.go.id Susah Diakses, Situs Forlap Dikti Juga Lemot

Baca: Petunjuk Lengkap Cari Formasi, Registrasi & Dokumen ke Link sscn.bkn.go.id Pendaftaran CPNS 2018

Baca: Mendaftar CPNS 2018 di Link Sscn.bkn.go.id Pakai HP, BKN Ingatkan Pelamar Pendaftaran CPNS 2018

Itu adalah ketentuan pemerintah pusat di Menpan RB sehingga pelaksaaan persyaratan di daerah juga harus melapirkannya.

Najwan Noor, Kasubag Ortala dan Kepegawaian Kanwil Kemeng Kalsel mengamini ada persyaratan yang disyaratkan pelamar CPNS di bawah Kementerian Agama jika pelamar sudah terdaftar secara online.

"Selain bukti secara online, pelamar juga harus mengajukan surat lamaran secara manual ditujukan ke Kementerian Agama RI, sebagai pertimbangannya dilampirkan pula ijazah dan bukti perguruan tinggi akreditasi BAN-PT dan Forlapdikti," ucapnya.

Sementara ini, masih dilakukan pencaftaran secara online dengan mengaksesnya di sccn.bkn.go.id. "Itu dilakukan secara mandiri online mulai hari ini (Rabu, 26/9, kemarin) hingga nanti, 5 Oktober," kata dia. (gha)

Baca Lebih Lengkap di Harian Banjarmasin Post Edisi Cetak dan ePapar Bpost Kamis (27/9/2018).

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved