Asian Para Games 2018

18 Pejuang Banua Ini Siap Mengharumkan Indonesia di Asian Para Games 2018, Ini Targetnya

Sebanyak 18 paralimpian atau atlet disabilitas NPC Kalimantan Selatan (Kalsel) bakal berlaga di Asian Para Games 2018 di Jakarta.

18 Pejuang Banua Ini Siap Mengharumkan Indonesia di Asian Para Games 2018, Ini Targetnya
Capture/Banjarmasin Post Edisi Cetak

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - MULAI Sabtu (6/10) lusa hingga 13 Oktober, sebanyak 18 paralimpian atau atlet disabilitas National Paralympic Commitee (NPC) Kalimantan Selatan (Kalsel) bakal berlaga di Asian Para Games 2018 di Jakarta.

Mereka adalah Yahya, Ahmad Fauzi, Warmia, Setyo Hartanto dan Sri Watikomariah untuk cabang olahraga (cabor) atletik. Riyanti, Suriansyah, Ibramsyah dan Nor Aimah (renang); Suranto, Abdul Hamid, M Ali, Umar dan Jarwati (panahan); Triyanti (menembak), Syaiful Anwar dan Try agus Arif Rahman (balap sepada), serta Dedy Setiawan (goal ball).

Ketua NPC Kalsel, Ahmad Firdaus, menuturkan, rata-rata paralimpian Banua baru pertama kali mengikuti ajang Asian Para Games yang melibatkan 42 negara Asia.

Sebelum bertolak ke Jakarta, seluruh atlet melakukan desentralisasi latihan yang bertempat di Banjarbaru. Terkecuali renang yang program latihannya di GOR Hasanuddin HM Banjarmasin. Setelah itu, semua atlet Indonesia yang berjumlah 305 orang, mengikuti pemusatan latihan di Solo, sejak sembilan bulan lalu.

Baca: Pendaftaran CPNS 2018 di Sscn.bkn.go.id, Instansi Ini Sepi Peminat Padahal Gajinya di Atas 10 Juta

Baca: Temukan Dokumen Ganda Pendaftaran CPNS 2018 di Portal Sscn.bkn.go.id? Lapor Saja ke BKN

Baca: Dendam Lama Lalu Dibumbui Perselisihan di Tempat Hiburan, ABG Ini Pun Jadi Pembunuh

Kepala Biro Klasifikasi Atlet NPC Kalsel, dr Ferry Kustono menjelaskan, sebelum bertanding mulai 6 Oktober, mereka harus melakukan proses klasifikasi nomor pertandingan.

“Bisa saya sampaikan juga, kondisi terkini paralimpian sudah semakin meningkat, baik secara fisik maupun teknik yang terus berprogres hingga menuju pelaksanaan Asian Para Games,” ujar Ferry kepada BPost, Rabu (3/10).

Wakil Ketua Bidang Prestasi NPC Kalsel, Supian Noor, menambahkan, pihaknya tidak menargetkan yang muluk-muluk ataupun beban kepada paralimpian Kalsel.

"Yang terpenting mereka dapat bertanding maksimal, menjawab kepercayaan yang telah diberikan untuk membela negara. Pokoknya berbuatlah yang terbaik buat Indonesia," ucap dia.

Pada Juli lalu, paralimpian NPC Kalsel mengikuti Test Event Asian Games Invitational Tournament 2018 bersama paralimpian dari daerah lainnya di Indonesia. Pada cabor renang, Kalsel menempati posisi ketiga setelah mengantongi tiga medali emas, lima perak dan satu perunggu.

Baca: 2,8 Juta Pendaftar CPNS 2018, Pilihan Ternyata Bisa Diubah di Sscn.bkn.go.id BKN Ini Caranya

Baca: Jadwal Lengkap Piala AFC U-19 (Piala Asia U-19) : Timnas U-19 Indonesia vs Taiwan

Baca: Prisia Nasution Galau Gara-gara Mahkotanya, Kira-kira Kenapa ya?

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menargetkan ada peningkatan prestasi kontingen Indonesia di Asian Para Games 2018. Dia ingin pencapaian Indonesia bisa naik dibanding penyelenggaraan sebelumnya.

"Kita harapkan naik dari sebelumnya di Asian Para Games Incheon dari peringkat 9 kita bisa naik ke 7 besar," ujar Menpora.

Terkait itu, Imam menargetkan 16-19 medali dari 18 cabang olahraga dipertandingkan. Dan dia menegaskan bahwa bonus yang diberikan untuk para atlet peraih medali Asian Para Games akan setara dengan atlet Asian Games 2018. Masing-masing Rp 1,5 miliar bagi peraih emas, Rp 500 juta buat perebut perak dan Rp 250 juta bagi yang mendapatkan perunggu. (naa)

Baca Lebih Lengkap di Harian Banjarmasin Post edisi Kamis (4/10/2018) 

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved