Kriminalitas Banjarmasin

NEWS VIDEO : Minuman Keras dan Dildo Dimusnahkan

Kantor Wilayah DJBC Kalimantan Bagian Selatan dan KPPBC TMP B Banjarmasin melakukan pemusnahan terhadap Barang Kena Cukai llegal (BKCI)

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kantor Wilayah DJBC Kalimantan Bagian Selatan dan KPPBC TMP B Banjarmasin melakukan pemusnahan terhadap Barang Kena Cukai llegal (BKCI) dan kiriman pos luar negeri yang tidak memenuhi ketentuan, Kamis (4/9/2018) sore.

Berbagai jenis BKCI pun ditampilkan sore itu. Baik dari jenis rokok minuman keras hingga yang menyita perhatian yakni dildo atau alat bantu sex bagi perempuan juga turut dimusnahkan.

Kepala Kantor Wilayah DJBC Kalimantan Bagian Selatan dan KPPBC TMP B Banjarmasin, Firman Sane Hanafiah, mengatakan pemusnahan eks tegahan Barang Kena Cukai dan kiriman pos ini adalah hasil penindakan tahun 2017 dan sebagian di tahun 2018.

Pemusnahan menurut Firman juga sudah berdasarkan atas keluarnya status penetapan barang menjadi barang milik negara untuk tujuan dimusnahkan.

Baca: Pendaftaran CPNS 2018 di Sscn.bkn.go.id, Instansi Ini Sepi Peminat Padahal Gajinya di Atas 10 Juta

Baca: Ini Reaksi Presiden Jokowi Soal Kebohongan Publik yang Dilakukan Ratna Sarumpaet

Baca: Waktu Persis Terjadinya Tsunami di Palu Akhirnya Terungkap, BIG : Ketinggian Tsunami Lebihi 6 Meter

Baca: Gunung Gamalama Meletus dan Lontarkan Abu Hingga 250 Meter, Magma Indonesia : Status Waspada

"Peredaran Barang Kena Cukai tersebut telah melanggar Pasal 29 ayat (1) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1995 Jo. Undang Undang Nomor 39 tahun 2007 tentang Cukai, bahwa Barang Kena Cukai hanya boleh ditawarkan, diserahkan, dijual atau disediakan untuk dijual, setelah dikemas dan dilekati pita cukai yang diwajibkan," jelasnya.

Ia juga menambah terhadap pelaku, kini dikenai sanksi pidana sesuai ketentuan Pasal 54 Undang Undang Nomor 11 Tahun 1995 Jo. Undang Undang Nomor 39 tahun 2007 tentang Cukai.

"Betul. Dan terhadap mereka akan diancam penjara paling sedikit 1 tahun dan paling lama 5 tahun," tandasnya. (banjarmasinpost.co.id /Ahmad Rizki Abdul Gani)

Penulis: Ahmad Rizky Abdul Gani
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved