Banjarbaru Berinovasi

Komitmen bersama IVA Test Posyandu Cempaka Putih

Karena hasil deteksi dini kanker sudah dilakukan sejak awal, maka bisa jadi pengobatan yang akan dilakukan pun lebih sederhana.

Komitmen bersama IVA Test Posyandu Cempaka Putih
HO/Humas Pemko Banjarbaru
Hj Eny Apriyati Darmawan Jaya juga berkesempatan menyaksikan kegiatan pemeriksaan IVA Test di Poyandu Cempaka Putih. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Penandatangan komitmen bersama pelaksanaan kegiatan IVA Test digelar di Posyandu Cempaka Putih, Komplek DAS, Jalan Golf oleh Wakil Ketua I TP PKK Kota Banjarbaru Hj Eny Apriyati Darmawan Jaya, Senin (8/10/2018).

Diikuti pula Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru drg Agus Widjaja, Ketua TP PKK Kecamatan Landasan Ulin Norliyani.
Hj Eny Apriyati Darmawan Jaya juga berkesempatan menyaksikan kegiatan pemeriksaan IVA Test di Poyandu Cempaka Putih.

Ya Wakil Ketua I TP PKK Kota Banjarbaru Hj Eny Apriyati Darmawan Jaya menghadiri sekaligus menyaksikan Kegiatan IVA Test di Posyandu Cempaka Putih. Dengan target 40 orang peserta.

"Keuntungan utama dari melakukan deteksi kanker sejak dini tentu saja lebih tingginya kesempatan untuk sembuh. Apalagi jika sel kanker tersebut masih baru tumbuh. Kita bisa menentukan pengobatan tepat apa yang harus dilakukan untuk mengobati sel kanker," ucap Wakil Ketua I TP PKK Kota Banjarbaru Hj Eny Apriyati Darmawan Jaya.

Dikatakannya, Karena hasil deteksi dini kanker sudah dilakukan sejak awal, maka bisa jadi pengobatan yang akan dilakukan pun lebih sederhana.

"Bisa jadi hanya melakukan radiasi, kemoterapi, atau mungkin operasi pengangkatan rahim jika sel kanker sudah mengganas," katanya.

Dia sangat mengapresiasi atas apa yang telah dilakukan pemeriksaan IVA Test di Poyandu Cempaka Putih Karena dengan melakukan deteksi dini terhadap penyakit ini hanya dapat dilakukan dengan Test IVA.

Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) adalah pemeriksaan skrining kanker serviks dengan pemberian asam asetat atau asam cuka pada leher rahim, pemeriksaan juga dilkukan tidak terlalu lama satu orang paling lima menit saja. (*/AOL)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved