Berita Banjarbaru

PLN Berhasil Pulihkan Transmisi SUTT 150 kV Akibat Tersambar Petir

Gangguan yang terjadi pada pukul 16.08 WIB menyebabkan terganggungnya Sistem Kelistrikan Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

PLN Berhasil Pulihkan Transmisi SUTT 150 kV Akibat Tersambar Petir
Humas PLN Kalselteng
Perbaikan yang dilakukab petugas PLN beberapa waktu lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilo Volt (kV) yang menghubungkan Gardu Induk (GI) Selat di Kuala Kapuas dan GI Sebar di Palangkaraya mengalami gangguan yang disebabkan oleh sambaran petir pada Minggu (7/10/2018).

Gangguan yang terjadi pada pukul 16.08 WIB tersebut menyebabkan terganggungnya Sistem Kelistrikan Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

Akibat tegangan yang tidak stabil pasca tersambar petir, beberapa Gardu Induk di Kalimantan Tengah, PLTU Pulangpisau dan PLTU Asam-Asam mendadak berhenti beroperasi.

“Berdasar informasi petugas di lapangan, cuaca di lokasi hujan lebat, gangguan pada SUTT tersebut menyebabkan beberapa daerah di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah mengalami gangguan suplai listrik,” ujar PLH Manager Komunikasi PLN Kalselteng, Bayu Aswenda.

Baca: BREAKING NEWS - Asrama Polisi Polres Tanahlaut Kebakaran Senin Dinihari, Warga Berhamburan

Baca: HST Diamuk Api, Setelah di Birayang, Giliran di Jalan Keramat Manjang Barabai Berkobar

Upaya pertama yang dilakukan PLN adalah melakukan pengecekan peralatan GI yang terdampak gangguan SUTT. Setelah tahapan proses penormalan, saat ini semua GI tersebut telah dapat beroperasi kembali. Selanjutnya PLN melakukan penormalan PLTU Asam-Asam.

“Kami mohon maaf atas kejadian tidak terduga ini. Proses penormalan telah kami lakukan secara bertahap, saat ini suplai listrik ke masyarakat telah kembali normal,” pungkas dia. (Banjarmasinpost.co.id/sofyar redhani)

Penulis: Sofyar Redhani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved